Intel AS Ternyata Melacak Putin, Begini Caranya

Intel AS Ternyata Melacak Putin, Begini Caranya

Global | sindonews | Kamis, 29 Februari 2024 - 09:50
share

Badan Intelijen Pusat (CIA) dan Pentagon Amerika Serikat (AS) ternyata terus melacak pergerakan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam misinya, mereka menggunakan alat canggih dari perusahaan teknologi PlanetRisk.

Aksi intel Amerika itu diungkap laman Wired dengan mengutip buku baru yang ditulis oleh mantan jurnalis Wall Street Journal , Byron Tau.

PlanetRisk, menurut laporan tersebut, telah menciptakan alat canggih yang awalnya bernama Locomotive namun kemudian berganti nama menjadi VISR (Virtual Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance).

Alat itu memanfaatkan data geolokasi yang digunakan oleh pengiklan digital, dan diyakini mampu mengintip orang-orang yang dekat dengan Putin, sehingga mendapatkan informasi tentang keberadaan presiden Rusia tersebut.

Dalam laporan panjangnya pada hari Selasa, berdasarkan buku "Means of Control: How the Hidden Alliance of Tech and Government Is Creating a New American Surveillance State " karya Tau, Wired melaporkan bahwa peneliti Mike Yeagley pertama kali menyadari potensi kegunaan dari data besar yang dikumpulkan oleh aplikasi tertentu pada pertengahan tahun 2010-an.

Perusahaan-perusahaan teknologi sudah secara rutin mengumpulkan informasi dan bersedia menjualnya kepada pengiklan mana pun yang bersedia membayar biaya yang relatif murah untuk layanan tersebut, sehingga menjadikannya area yang sangat menjanjikan, menurut laporan tersebut.

Menurut buku tersebut, Yeagleyyang berspesialisasi dalam memperoleh kumpulan data unik untuk lembaga pemerintahpertama kali bereksperimen dengan pembatasan wilayah, yang mencakup batas virtual dalam kumpulan data geografis, untuk melacak pegawai lembaga pemerintah AS.

Metode ini dilaporkan terbukti sangat berhasil dalam mengumpulkan data pribadi staf yang menggunakan aplikasi kencan dan cuaca, serta game yang memerlukan lokasi pengguna.

Pada tahun 2015, Yeagley diduga dipekerjakan oleh PlaceIQ setelah perusahaan tersebut menerima investasi dari cabang modal ventura CIA, In-Q-Tel.

Dia kemudian dilaporkan pindah ke perusahaan rintisan lain, PlanetRisk.

CIA tertarik pada perangkat lunak yang dapat menganalisis dan memahami pergerakan geografis manusia dan benda, terang buku tersebut.

Selama masa uji coba, alat Locomotive digunakan untuk mengikuti pergerakan masyarakat di Suriah yang sedang dilanda perang saudara hampir secara real time . Itu termasuk beberapa operasi pasukan khusus AS yang diam-diam dikerahkan ke negara tersebut, tulis Tau.

Setelah memperoleh kumpulan data tentang Rusia, tim menyadari bahwa mereka dapat melacak telepon di rombongan Presiden Rusia Vladimir Putin, imbuh buku tersebut, seperti dikutip oleh Wired .

Meskipun tidak ada perangkat yang dimaksud yang dapat dikaitkan dengan pemimpin Rusia secara pribadi, PlanetRisk yakin perangkat tersebut memiliki akses ke ponsel pintar milik pengemudi, personel keamanan, pembantu politik, dan staf pendukung lainnya di sekitar presiden Rusia.

"Orang-orang ini diduga dapat dilacak dalam data iklan, yang berarti bahwa rute dan lokasi Putin dapat diidentifikasi," lanjut buku tersebut.

Menurut buku itu, lembaga-lembaga pemerintah AS sangat terkesan dengan karya Yeagley, dengan Locomotivedan kemudian VISRdiadopsi sebagai bagian dari program antarlembaga.

Namun Tau mengeklaim bahwa entitas lain, terutama Israel, telah membangun alat pelacak mereka sendiri dengan menggunakan prinsip yang sama. Hal ini dilaporkan kini tersedia untuk klien yang lebih luas secara global, bukan hanya untuk badan intelijen AS.

Topik Menarik