6 Demonstrasi Mahasiswa AS Terbesar yang Menentang Perang dan Ketidakadilan

6 Demonstrasi Mahasiswa AS Terbesar yang Menentang Perang dan Ketidakadilan

Global | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 19:19
share

Ribuan mahasiswa di Amerika Serikat melakukan protes terhadap perang Israel di Gaza, meskipun ada ancaman skorsing dan penangkapan.

Dengan Universitas Columbia sebagai jantung dari gerakan ini, institut-institut termasuk Harvard, Yale, Tufts, Northwestern dan beberapa kampus di sistem University of Texas telah menyaksikan mahasiswanya mendirikan perkemahan, menuntut institusi-institusi tersebut melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mereka anggap memungkinkan terjadinya perang brutal di Gaza. .

Lebih dari 34.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah dibunuh oleh pasukan Israel sejak dimulainya perang pada 7 Oktober.

Ini bukan pertama kalinya mahasiswa di Amerika melakukan protes di kampus. Namun, pengunjuk rasa dan pengamat mengatakan tindakan keras terhadap perkemahan mahasiswa kali ini sangat intens.

“Salah satu hal yang sangat mencolok adalah dibandingkan dengan tahun 1960an, kita melihat lebih sedikit taktik agresi dan radikalisme di pihak mahasiswa,” kata Angus Johnston, sejarawan aktivisme mahasiswa Amerika di departemen sejarah Komunitas Hostos. Perguruan tinggi di New York.

“Kami hanya melihat sedikit sekali cedera fisik atau kerusakan properti. Perkemahan berada di luar, bukan sebagian besar mengambil alih bangunan. Dibandingkan dengan protes-protes pada tahun 60an, khususnya pada akhir tahun 60an, protes-protes ini sebenarnya sangat-sangat ringan. Namun dalam banyak kasus, mereka menghadapi tantangan yang sangat keras, baik dari segi pemerintahan maupun administrasi.”

Helga Tawil-Souri, seorang profesor studi Timur Tengah dan Islam di NYU mengatakan kepada Al Jazeera bahwa protes NYU di Gaza berlangsung damai ketika dia berdiri di luar kantor polisi, menunggu pembebasan beberapa mahasiswa dan anggota fakultas. “Saya sudah berada di NYU selama hampir 20 tahun dan saya telah melihat sejumlah protes terjadi. Saya rasa saya belum pernah melihat tindakan keras seperti ini.”

Bukan Hanya Menentang Israel, Deretan Sejarah Perlawanan Kampus AS Terhadap Kebijakan Perang

1. 1954-60: Brown vs Dewan Pendidikan dan Aksi Duduk di Greensboro

Foto/AP

Pada tahun 1954, Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa segregasi di sekolah yang direstui negara adalah inkonstitusional. Ruang publik yang dipisahkan secara rasial telah beroperasi sejak tahun 1896 hingga keputusan tersebut dikeluarkan.

Pada tanggal 1 Februari 1960, empat mahasiswa kulit hitam di North Carolina Agricultural and Technical College, yang mendapat nama “Greensboro Four”, memprakarsai aksi duduk damai di konter makan siang “khusus kulit putih”, dimulai dari Woolworth’s di Greensboro. Para siswa menolak untuk bangun ketika mereka ditolak layanannya. Pada tanggal 5 Februari, jumlah mahasiswa yang duduk di dalamnya telah bertambah menjadi 300. Gerakan ini dengan cepat menyebar ke kota-kota perguruan tinggi dan tempat-tempat umum lainnya dengan bergabungnya orang kulit hitam dan kulit putih.

Gerakan duduk berhasil dan fasilitas makan mulai terintegrasi kembali pada bulan Juli 1960. Protes tersebut menandai keberhasilan awal gerakan hak-hak sipil. Hal ini juga mengarah pada pembentukan Komite Koordinasi Non-Kekerasan Mahasiswa, yang dimulai sebagai kelompok antar-ras yang menganjurkan protes damai, pada tahun 1960.

Baca Juga: Bisakah Palestina Menjadi Anggota Penuh PBB? Ini Fakta-faktanya

2. 1968-69: Protes Perang Vietnam

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pada bulan April 1968, mahasiswa Universitas Columbia dan afiliasinya, Barnard College, melancarkan protes terhadap perang Vietnam, yang dimulai pada tahun 1954 dan berlangsung hingga tahun 1975. Protes tersebut mengakibatkan mahasiswa menyita lima gedung kampus dan bahkan sempat menyandera dekan. .

Sekitar seminggu setelah protes dimulai pada tanggal 30 April, sekitar 1.000 petugas dari Pasukan Patroli Taktis Kota New York dipanggil oleh Presiden Columbia Grayson L Kirk. Polisi menangkap hampir 700 orang atas tuduhan pelanggaran pidana dan perilaku tidak tertib. Di beberapa gedung, polisi menggunakan kekerasan dan melukai 148 orang.

Pada akhirnya, protes tersebut memaksa Kolombia untuk memutuskan hubungan dengan lembaga Pentagon yang melakukan hal tersebut. Penelitian untuk Perang Vietnam dan memenangkan amnesti bagi para demonstran yang ikut serta dalam protes. Mereka juga berhasil menghentikan pembangunan gym di lahan umum di dekat Morningside Park, yang hanya dapat diakses sebagian oleh penduduk Black Harlem setempat. Presiden Kolombia dan rektornya, David B Truman, keduanya mengundurkan diri akibat protes tersebut.

Mahasiswa di Harvard juga memprotes perang Vietnam. Pada malam tanggal 9 April 1969, sebuah organisasi aktivis mahasiswa nasional, Students for a Democratic Society (SDS), menempelkan daftar tuntutan di pintu rumah presiden Harvard. Kelompok ini ditentang, khususnya, terhadap keterlibatan Harvard dalam kebijakan militer – Dow Chemicals yang memasok Napalm kepada militer telah diundang ke Harvard untuk kunjungan rekrutmen pada tahun 1967 – serta kehadiran Korps Pelatihan Perwira Cadangan (ROTC ) di kampus. Keesokan harinya, pengunjuk rasa mahasiswa menduduki Balai Universitas dan ditangkap, yang menyebabkan protes lebih luas dan pemogokan selama delapan hari, menurut majalah Harvard.

Akibat protes tersebut, ROTC meninggalkan kampus universitas tersebut.

Setahun kemudian, pada tanggal 4 Mei 1970, Garda Nasional Ohio menembak mati empat mahasiswa Universitas Negeri Kent, dan melukai sembilan lainnya, selama protes 300 mahasiswa menentang perang Vietnam dan ekspansinya ke Kamboja. Mereka juga memprotes kehadiran Garda Nasional di kampus.

Penembakan tersebut menimbulkan kemarahan dan menyebabkan lebih dari 4 juta siswa mengambil bagian dalam protes dan pemogokan di ratusan perguruan tinggi dan sekolah menengah lainnya di seluruh negeri.

Hanya 11 hari setelah kejadian itu, pada tanggal 15 Mei, polisi menembaki 100 mahasiswa kulit hitam di Jackson State College, Mississippi, menewaskan dua orang dan melukai 12 orang. Para mahasiswa berkumpul untuk memprotes pengemudi kulit putih yang sering melaju dengan berbahaya di sepanjang jalan yang membelah dua jalan tersebut. kampus meneriakkan pelecehan rasis, bukannya perang Vietnam.

3. 1985: Melawan Apartheid Afrika Selatan

Foto/AP

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, siswa sekolah negeri di Soweto, Afrika Selatan melakukan protes terhadap pengajaran wajib dalam bahasa Afrikaans dan sekolah yang penuh sesak.

Hal ini berkembang menjadi gerakan global dan, pada tahun 1985, universitas-universitas Amerika seperti Columbia dan University of California menyerukan kepada para administratornya untuk menarik investasi dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan rezim apartheid di Afrika Selatan.

Di Kolumbia, upaya ini diorganisir oleh Koalisi untuk Afrika Selatan yang Merdeka (CFSA), yang pada tanggal 4 April 1985 memblokade pintu masuk gedung administrasi Kolumbia, Hamilton Hall.

Seorang hakim Mahkamah Agung Negara Bagian di Manhattan memerintahkan para pengunjuk rasa mengizinkan akses ke aula dan, sebagai gantinya, membawa protes mereka ke area yang ditentukan di tangga Hamilton Hall dan di segi empat yang bersebelahan.

Panel pengawas beranggotakan enam orang dibentuk segera setelah berakhirnya blokade pada tanggal 25 April, untuk mempertimbangkan divestasi – menarik kembali investasinya pada perusahaan-perusahaan yang terkait dengan rezim apartheid. Pada akhir bulan Agustus, panel menyimpulkan bahwa divestasi bukan hanya merupakan pilihan yang benar secara moral, namun juga layak secara finansial. Akhirnya, investasi universitas yang terkait dengan apartheid di Afrika Selatan ditarik.

4. 1991: Protes Perang Teluk

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pada bulan Agustus 1990, Irak pimpinan Saddam Hussein menginvasi negara tetangga Kuwait. Seminggu kemudian, pasukan militer AS pertama tiba di Arab Saudi. Atas permintaan Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya, koalisi pimpinan AS melancarkan Operasi Badai Gurun pada bulan Januari 1991, membom sasaran di Irak dan Kuwait selama operasi 43 hari.

Pada akhir Februari 1991, mahasiswa di beberapa kampus universitas AS – termasuk Universitas Michigan, Universitas Columbia, Universitas George Washington, dan Universitas Georgetown – melakukan protes terhadap keterlibatan militer AS dalam Perang Teluk. Polisi melakukan 20 penangkapan di Universitas California di Santa Cruz, menurut laporan Washington Post, yang menggambarkan protes tersebut relatif “kecil dan lancar”.

5. 2003: Protes Perang Irak

Foto/AP

Pada bulan Maret 2003, koalisi pimpinan AS meluncurkan pemboman ke Irak, yang diikuti dengan invasi darat. AS mengklaim tindakan tersebut adalah bagian dari “perang melawan teror”, dengan menggunakan tuduhan bahwa pemimpin Irak memiliki senjata pemusnah massal. Saat Hussein digantung pada tahun 2006, senjata-senjata tersebut tidak pernah ditemukan. Perang Irak menyebabkan negara ini penuh dengan pengungsian internal, konflik dan ketidakstabilan ekonomi.

Siswa sekolah menengah dan universitas Amerika keluar dari kelas mereka untuk memprotes perang Irak.

6. 2018: Protes Black Lives Matter

Foto/AP

Pada tanggal 25 Mei 2020, George Floyd, seorang pria kulit hitam berusia 46 tahun, dibunuh oleh seorang petugas polisi kulit putih, Derek Chauvin, di negara bagian Minnesota. kematian Floyd terekam dalam video yang menunjukkan Chauvin berlutut di leher Floyd selama sekitar delapan menit.

Pembunuhan Floyd memicu protes di seluruh AS terhadap rasisme sistemik dan kebrutalan polisi di bawah gerakan “Black Lives Matter” yang dimulai pada tahun 2013 ketika George Zimmerman dibebaskan dari tuduhan menembak mati seorang pemuda kulit hitam tak bersenjata, Trayvon Martin.

Beberapa dari protes ini dilakukan oleh mahasiswa Amerika. Protes yang dipimpin mahasiswa di bawah Gerakan Black Lives Matter juga terjadi sebelum tahun 2018, seperti pada tahun 2014 setelah polisi membunuh Michael Brown yang berusia 18 tahun.

Topik Menarik