Demokratis Bukan Lagi Jadi Parameter, Pemilih Global Cenderung Pilih Pemimpin yang Kuat

Demokratis Bukan Lagi Jadi Parameter, Pemilih Global Cenderung Pilih Pemimpin yang Kuat

Global | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 16:40
share

Para pemilih di 19 negara, termasuk di tiga negara demokrasi terbesar di dunia, sangat skeptis mengenai apakah pemilihan politik mereka berlangsung bebas dan adil, dan banyak yang mendukung pemimpin yang kuat dan tidak demokratis. Itu terungkap dalam sebuah penelitian yang dirilis beberapa hari lalu.

Lebih dari 50 negara akan mengadakan pemilu pada tahun 2024

Laporan yang dikeluarkan oleh Institut Internasional untuk Demokrasi dan Bantuan Pemilu, atau International IDEA, menyimpulkan bahwa “lembaga-lembaga demokrasi tidak memenuhi harapan masyarakat.” Organisasi beranggotakan 35 orang ini mempromosikan demokrasi di seluruh dunia.

“Sudah saatnya persepsi masyarakat terpusat pada perbincangan mengenai masa depan demokrasi; analisis ini adalah langkah awal yang kecil namun penting menuju upaya tersebut,” tulis organisasi yang berbasis di Stockholm tersebut, dilansir AP.

Survei tersebut memiliki margin kesalahan sekitar 2-4 dan jumlah responden di setiap negara sekitar 1.500. Satu-satunya pengecualian adalah Kepulauan Solomon, yang populasinya kecil sehingga memiliki sampel representatif sebanyak 526 orang.

Di 17 negara, kurang dari separuh masyarakatnya merasa puas dengan pemerintahnya, demikian temuan International IDEA. Survei tersebut mencakup tiga negara demokrasi terbesar – Brasil, India, dan Amerika Serikat.

Di delapan negara, “lebih banyak orang memiliki pandangan yang baik terhadap 'pemimpin kuat yang tidak perlu repot dengan parlemen atau pemilu,'” kata lembaga tersebut, seraya menambahkan bahwa India dan Tanzania menonjol sebagai negara “dengan tingkat dukungan yang relatif tinggi terhadap seorang 'pemimpin yang kuat.'”

Hanya di empat negara yang “mayoritasnya merasa perekonomian mereka lebih baik dibandingkan orang tua mereka,” menurut penelitian setebal 95 halaman yang bertajuk “Survei Persepsi Demokrasi.” Ia menambahkan bahwa di sebagian besar negara, kelompok minoritas lebih meragukan kredibilitas pemilu dibandingkan negara lain.

Kelompok masyarakat termiskin di Brasil, Kolombia, Rumania, dan Sierra Leone, lebih cenderung menyetujui kinerja pemerintah dibandingkan masyarakat lainnya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Pesawat Kiamat AS sebagai Persiapan Menuju Perang Nuklir

Terkait sistem peradilan, di 18 negara “kurang dari separuh masyarakat percaya bahwa pengadilan ‘selalu’ atau ‘sering’ menyediakan akses terhadap keadilan.” Warga Irak lebih percaya pada akses terhadap keadilan (28 ‘selalu’ atau ‘sering’) dibandingkan warga Amerika (26). Denmark adalah satu-satunya negara di mana mayoritas masyarakatnya merasa bahwa pengadilan sering atau selalu memberikan akses yang sama terhadap keadilan.

Laporannya didasarkan pada survei yang dilakukan di Brazil, Chile, Kolombia, Denmark, Gambia, India, Irak, Italia, Lebanon, Lithuania, Pakistan, Romania, Senegal, Sierra Leone, Kepulauan Solomon, Korea Selatan, Taiwan, Tanzania dan Amerika. Amerika.

Survei tersebut dilakukan oleh YouGov dan GeoPoll dan dilakukan melalui telepon atau internet pada tahun lalu, kecuali di India yang dilakukan pada bulan Januari.

International IDEA didirikan pada tahun 1995. Organisasi ini dirancang untuk “mengidentifikasi perbedaan-perbedaan penting namun sering diabaikan antara penilaian dan sikap berbagai kelompok terkait demokrasi.”

Topik Menarik