Akankah Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS Meluas Jadi Gerakan Global?

Akankah Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS Meluas Jadi Gerakan Global?

Global | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 16:48
share

Bentrokan antara mahasiswa dan petugas polisi telah dilaporkan di seluruh Amerika Serikat selama protes universitas yang semakin intensif.

Apa yang dimulai sebagai perkemahan solidaritas Gaza di Universitas Columbia, di mana para mahasiswa berkemah di dalam kampus untuk mendorong lembaga mereka agar melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel, kini telah menyebar ke kampus-kampus di California, Texas, dan negara bagian lainnya.

Saat ini, lebih dari 20 universitas di AS memprotes perang Israel di Gaza, dimana serangan militer Israel telah menewaskan lebih dari 34.000 orang dan blokadenya telah menyebabkan kelaparan.

Namun protes ini tidak hanya terjadi di AS, karena para pelajar di seluruh dunia telah melakukan demonstrasi untuk mendukung Gaza sejak pecahnya perang pada tanggal 7 Oktober. Setelah perkemahan di Columbia, protes tersebut semakin menyebar ke universitas-universitas dari Perancis hingga Australia. Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang protes mahasiswa di Gaza di luar AS:

Akankah Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS Meluas Jadi Gerakan Global?

1. Kampus di Prancis hingga Australia Ikut Gerakan Demonstrasi Anti-Israel

Foto/AP

Di Paris, Prancis, mahasiswa Universitas Sorbonne turun ke jalan. Selain itu, Komite Palestina dari Sciences Po, mengorganisir protes di mana para mahasiswa mendirikan sekitar 10 tenda pada hari Rabu. Meskipun ada tindakan keras dari polisi, para pengunjuk rasa kembali beraksi.

Di Australia, mahasiswa Universitas Sydney mendirikan perkemahan pro-Palestina pada hari Selasa, dan mereka terus melakukan protes pada hari Jumat. Selain itu, mahasiswa Universitas Melbourne juga mendirikan tenda di halaman selatan kampus utama mereka pada hari Kamis.

Di Italia, Roma, mahasiswa Universitas Sapienza mengorganisir demonstrasi, aksi duduk dan mogok makan pada tanggal 17 April dan 18 April.

Sejak 19 April malam, mahasiswa kelompok Warwick Stands With Palestine Universitas Warwick menduduki piazza kampus yang terletak di Inggris, Inggris. Di Leicester, Inggris, protes terjadi pada hari Senin yang melibatkan mahasiswa dari Universitas Leicester Masyarakat Palestina juga berpartisipasi.

Bulan lalu, mahasiswa Universitas Leeds menduduki gedung kampus sebagai protes terhadap keterlibatan universitas tersebut dengan Israel.

Hicham, seorang mahasiswa yang melakukan protes di Sciences Po, yang juga disebut Institut Studi Politik Paris, mengatakan kepada Al Jazeera, Kami memiliki beberapa tuntutan tetapi salah satunya adalah mulai menyelidiki semua hubungan yang mereka [Sciences Po] miliki dengan negara Israel, yang bersifat akademis dan finansial.

Dia menambahkan bahwa sangat sulit untuk membicarakan Palestina di Prancis karena cara polisi meresponsnya.

Penyelenggara juga meminta Sciences Po mengutuk tindakan Israel.

Mahasiswa Sorbonne menyerukan kepada pemerintah Perancis untuk membantu warga Palestina.

Mahasiswa Universitas Sydney menuntut agar lembaga mereka memutuskan hubungan dengan universitas-universitas dan produsen senjata Israel, lapor Sydney Morning Herald.

Para mahasiswa di Warwick telah menuntut agar universitas tersebut melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mereka identifikasi mendanai genosida yang dilakukan oleh Israel, demikian yang dilaporkan surat kabar yang dikelola mahasiswa Warwick, The Boar. The Boar mengutip seorang pengunjuk rasa mahasiswa yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa, meskipun protes di AS telah menguatkan mereka, mereka berencana untuk mengambil tindakan apa pun yang terjadi.

Protes di Leicester pada hari Senin terjadi di luar pabrik drone Elbit Systems Inggris, menyerukan penutupan pabrik. Para mahasiswa pengunjuk rasa di Leeds bulan lalu menuntut pemecatan pendeta Yahudi Zecharia Deutsch yang bertugas di tentara Israel selama perang di Gaza.

3. Tetap Berdemo, Meski Mendapatkan Tindakan Represif dari Polisi

Foto/AP

Polisi membubarkan demonstrasi Sciences Po setelah lembaga tersebut melakukan banyak upaya untuk mengevakuasi para siswa secara damai.

Hicham mengatakan, dirinya dan teman-temannya sudah menempati sekolahnya selama tiga hari. Kami pergi ke satu gedung, mereka [universitas] memanggil polisi, kami harus keluar, jadi kami pergi ke gedung bersejarah utama, katanya.

Tetapi saya pikir semakin banyak penindasan yang terjadi, semakin banyak orang yang melakukan mobilisasi, katanya. Sebelumnya kami mungkin berjumlah 300 orang, [tetapi] sekarang menjadi 600 orang.

Para mahasiswa di Sorbonne juga dikepung oleh polisi anti huru hara, seperti yang ditunjukkan dalam video Al Jazeera pada hari Kamis.

Hal ini akan terus berlanjut selama kita tidak melakukan pembicaraan yang terbuka dan serius mengenai masalah ini, kata seorang mahasiswa dari Universitas Sorbonne kepada Al Jazeera.

4. Wujud Pembangkangan Kaum Intelektual

Foto/AP

Eraldo Souza dos Santos, seorang sejarawan yang berspesialisasi dalam sejarah global gerakan sosial di Universitas Pantheon-Sorbonne di Paris, mengatakan tindakan keras polisi menjadi lebih umum sebagai respons terhadap protes di Prancis dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak tanggapan pemerintah dan polisi terhadap pembangkangan sipil, terutama di bawah pemerintahan [Presiden Emmanuel] Macron, katanya.

Dia mencatat bahwa pada tahun 2018, lebih dari 2.500 petugas polisi anti huru hara dikerahkan untuk membersihkan ZAD (Zona Pembela atau, zona untuk dipertahankan) yang didirikan oleh anggota gerakan anarkis anti-kapitalis dan lingkungan hidup yang menduduki lahan dekat dengan wilayah tersebut. desa Notre-Dame-des-Landes di Prancis utara dalam upaya memblokir pembangunan bandara baru. Polisi menembakkan gas air mata ke arah kelompok tersebut. Politisi dari tengah hingga sayap kanan mengatakan bahwa ZAD adalah zona pelanggaran hukum dan hal itu tidak boleh terjadi lagi, kata Souza dos Santos.

ZAD telah dimobilisasi dalam retorika politik Prancis untuk membenarkan tindakan keras awal terhadap gerakan sosial seperti yang kita lihat di Sciences Po.

Topik Menarik