Demonstran Pro-Palestina Ditangkap Polisi, Terancam Pula Sanksi dari Kampus

Demonstran Pro-Palestina Ditangkap Polisi, Terancam Pula Sanksi dari Kampus

Global | sindonews | Minggu, 28 April 2024 - 20:40
share

Maryam Alwan memperkirakan hal terburuk telah berakhir setelah polisi antihuru-hara Kota New York menangkap dia dan pengunjuk rasa lainnya di kampus Universitas Columbia, memasukkan mereka ke dalam bus dan menahan mereka selama berjam-jam.

Namun malam berikutnya, junior perguruan tinggi tersebut menerima email dari universitas. Alwan dan mahasiswa lainnya diskors setelah penangkapan mereka di “Perkemahan SolidaritasGaza,” sebuah taktik yang diterapkan perguruan tinggi di seluruh negeri untuk menenangkan protes kampus yang meningkat terhadap perang Israel-Hamas.

Penderitaan mahasiswa telah menjadi bagian utama dari protes, dimana mahasiswa dan semakin banyak dosen menuntut amnesti. Persoalannya adalah apakah universitas dan penegak hukum akan menghapuskan tuntutan tersebut dan menahan konsekuensi lainnya, atau apakah skorsing dan catatan hukum tersebut akan terus menghantui para mahasiswa hingga dewasa.

Ketentuan skorsing berbeda-beda di setiap kampus. Di Columbia dan Barnard College untuk wanita yang berafiliasi, Alwan dan puluhan lainnya ditangkap pada tanggal 18 April dan langsung dilarang masuk kampus dan kelas, tidak dapat hadir secara langsung atau virtual, dan dilarang masuk ruang makan.

Pertanyaan mengenai masa depan akademis mereka masih tetap ada. Apakah mereka akan diizinkan mengikuti ujian akhir? Bagaimana dengan bantuan keuangan? Kelulusan? Columbia mengatakan hasilnya akan diputuskan pada sidang disipliner, namun Alwan mengatakan dia belum diberi tanggal.

“Ini terasa sangat dystopian,” kata Alwan, seorang mahasiswa sastra bandingan dan masyarakat.

Apa yang dimulai di Columbia telah berubah menjadi pertikaian nasional antara mahasiswa dan administrator mengenai protes anti-perang dan batasan kebebasan berpendapat. Dalam 10 hari terakhir, ratusan mahasiswa telah ditangkap, diskors, menjalani masa percobaan dan, dalam kasus yang jarang terjadi, dikeluarkan dari perguruan tinggi termasuk Universitas Yale, Universitas California Selatan, Universitas Vanderbilt, dan Universitas Minnesota.

Barnard, sebuah perguruan tinggi seni liberal perempuan di Columbia, menskors lebih dari 50 mahasiswa yang ditangkap pada 18 April dan mengusir mereka dari asrama kampus, menurut wawancara dengan mahasiswa dan laporan dari surat kabar kampus Columbia Spectator, yang memperoleh dokumen internal kampus.

Pada hari Jumat, Barnard mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk memulihkan akses kampus ke “hampir semua” kampus. Sebuah pernyataan dari perguruan tinggi tersebut tidak merinci jumlahnya namun mengatakan semua mahasiswa yang skorsingnya dicabut telah setuju untuk mengikuti peraturan perguruan tinggi dan, dalam beberapa kasus, dimasukkan ke dalam masa percobaan.

Namun, pada malam penangkapan, mahasiswa Barnard Maryam Iqbal memposting tangkapan layar di platform media sosial X dari email seorang dekan yang memberi tahu dia bahwa dia dapat kembali ke kamarnya sebentar dengan keamanan kampus sebelum dikeluarkan.

“Anda memiliki waktu 15 menit untuk mengumpulkan apa yang mungkin Anda perlukan,” bunyi email tersebut.

Lebih dari 100 staf pengajar di Barnard dan Columbia mengadakan “Rapat Umum untuk Mendukung Siswa Kami” minggu lalu mengutuk penangkapan siswa dan menuntut pencabutan skorsing.

Kolumbia masih berusaha untuk menghapus tenda perkemahan di halaman utama kampus tempat wisuda dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 15 Mei. Para siswa telah menuntut sekolah tersebut memutuskan hubungan dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel dan memastikan amnesti bagi siswa dan dosen yang ditangkap.

"Pembicaraan dengan mahasiswa pengunjuk rasa terus berlanjut," kata Ben Chang, juru bicara Columbia. “Kami mempunyai tuntutan kami; mereka punya miliknya sendiri,” katanya.

Bagi siswa internasional yang menghadapi skorsing, ada ketakutan tambahan akan kehilangan visa mereka, kata Radhika Sainath, seorang pengacara di Palestine Legal, yang membantu sekelompok siswa Columbia mengajukan pengaduan hak-hak sipil federal terhadap sekolah tersebut pada hari Kamis. Mereka menuduh Kolombia tidak berbuat cukup untuk mengatasi diskriminasi terhadap pelajar Palestina.

“Tingkat hukumannya tidak hanya kejam, tapi juga terasa seperti sikap tidak berperasaan yang berlebihan,” kata Sainath.

Lebih dari 40 mahasiswa ditangkap dalam demonstrasi di Yale pekan lalu, termasuk senior Craig Birckhead-Morton. Dia dijadwalkan lulus pada 20 Mei namun mengatakan universitas belum memberi tahu dia apakah kasusnya akan diserahkan ke panel disiplin. Dia khawatir apakah dia akan menerima ijazah dan apakah penerimaannya di sekolah pascasarjana Columbia bisa terancam.

“Sekolah telah melakukan yang terbaik untuk mengabaikan kami dan tidak memberi tahu kami apa yang terjadi selanjutnya,” kata Birckhead-Morton, seorang mahasiswa jurusan sejarah.

Baca Juga: Sering Unggah Konten Tidak Senonoh, Bintang TikTok Irak Om Fahad Ditembak Mati di Baghdad

Di seluruh negeri, pengelola perguruan tinggi telah berjuang untuk menyeimbangkan kebebasan berpendapat dan inklusivitas. Beberapa demonstrasi termasuk ujaran kebencian, ancaman antisemit atau dukungan untuk Hamas, kelompok yang menyerang Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza yang telah menyebabkan lebih dari 34.000 orang tewas.

Upacara pembukaan Mei menambah tekanan untuk membersihkan demonstrasi. Pejabat universitas mengatakan penangkapan dan penangguhan adalah upaya terakhir, dan mereka memberikan banyak peringatan sebelumnya untuk membersihkan area protes.

Universitas Vanderbilt di Tennessee telah mengeluarkan apa yang diyakini sebagai satu-satunya pengusiran mahasiswa terkait dengan protes konflik Israel-Hamas, menurut Institute for Middle Eastern Understanding. Lebih dari dua lusin mahasiswa menduduki kantor rektor universitas selama beberapa jam pada tanggal 26 Maret, mendorong universitas tersebut memanggil polisi dan menangkap beberapa pengunjuk rasa. Vanderbilt kemudian mengeluarkan tiga pemecatan, satu penangguhan, dan menempatkan 22 pengunjuk rasa dalam masa percobaan.

Dalam surat terbuka kepada Rektor Daniel Diermeier, lebih dari 150 profesor di Vanderbilt mengkritik tindakan keras yang dilakukan universitas tersebut sebagai “berlebihan dan menghukum.”

Mahasiswa baru Jack Petocz, 19, salah satu dari mereka yang dikeluarkan, diizinkan menghadiri kelas sementara dia mengajukan banding. Dia telah diusir dari asramanya dan tinggal di luar kampus.

Petocz mengatakan protes di sekolah menengah itulah yang membantunya masuk ke Vanderbilt dan mendapatkan beasiswa yang pantas bagi para aktivis dan penyelenggara. Esai kuliahnya adalah tentang mengorganisir pemogokan di pedesaan Florida untuk menentang kebijakan anti-LGBTQ Gubernur Ron DeSantis.

“Vanderbilt sepertinya menyukainya,” kata Petocz. “Sayangnya, tanggung jawab tersebut berhenti ketika Anda mulai melakukan advokasi untuk pembebasan Palestina.”

Topik Menarik