Gara-Gara Drakor, Ayam Goreng Korea Jadi Menu Populer untuk Berbuka Puasa

Gara-Gara Drakor, Ayam Goreng Korea Jadi Menu Populer untuk Berbuka Puasa

Gaya Hidup | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 14:35
share

KULINER Korea Selatan menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Hal ini juga dipengaruhi dengan pesatnya pengaruh budaya Korea melalui industri hiburannya seperti drama Korea atau yang dikenal dengan drakor. Drama-drama tersebut juga turut memasukan kebiasaan masyarakat dan makanan-makanan khas Korea.

Beberapa makanan khas Negeri Gingseng yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia yaitu seperti Sundubujjigae, Tteokbokki, Kimchi, dan juga Korean Fried Chicken tentunya.

Melansir dari Korean Boo, ayam goreng Korea menjadi kuliner wajib di sana. Masyarakat setempat biasa menyebutnya chikin. Ayam goreng Korea menjadi makanan pokok yang populer karena Krisis Keuangan Asia pada 20 tahun lalu.

Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan makan ayam goreng menjadi sebuah budaya. Bahkan banyak masyarakat Korea yang menyempatkan waktu sepulang kerja hanya untuk menyantap ayam goreng dan minum bir bersama dengan sahabat.

Kuliner ayam goreng Korea ini pun juga mulai masuk ke Indonesia. Bahkan gerai ayam goreng Korea sudah cukup banyak. Meski begitu, tak banyak yang memiliki rasa serta tekstur yang otentik seperti di asalnya. Ciri khas ayam goreng Korea memiliki tepung yang renyah dan tidak terlalu tebal. Bagian luarnya dilumuri dengan saus berbagai pilihan saus mulai dari gurih, pedas, hingga manis.

CEO PT Kyochon Indonesia Priscilla Soekamto menyatakan bahwa masyarakat di Indonesia semakin menggemari kuliner ayam goreng Korea. Terlebih di bulan suci Ramadhan ini, menu ayam goreng Korea masih jadi pilihan untuk keluarga dalam berbuka puasa.

Priscilla menjelaskan sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung menyukai bumbu ayam goreng yang manis. Meski begitu variasi bumbu yang pedas dan rasa bawang putih ternyata juga cocok di lidah orang Indonesia.

“Garlic Soy, Hot yang pedes, dan Honey yang manis. Varian honey jadi menu yang digandrungi karena masyarakat di Indonesia cenderung suka yang manis-manis ya,” jelasnya kepada awak media dalam Grand Opening Outlet Kyochon ke-11 di AEON Deltamas.

Topik Menarik