IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat, GJTL-CPIN Jadi Rekomendasi

IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat, GJTL-CPIN Jadi Rekomendasi

Ekonomi | inews | Senin, 1 April 2024 - 07:52
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini berpotensi bergerak cenderung menguat pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 7.2807.377.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto menuturkan, dari perdagangan sebelumnya, jumlah saham yang menurun masih akan terlihat lebih banyak dikarenakan saham-saham yang terkena full call auction mengalami 'buangan' oleh investornya.

"Namun pergerakan saham-saham tersebut tidak memiliki bobot yang signifikan terhadap IHSG sehingga pergerakan IHSG sendiri menjadi penentu apakah jumlah saham yang menurun itu merupakan indikasi downtrend atau bukan," kata William dalam analisisnya, Senin (1/4/2024).

Pada perdagangan akhir pekan lalu, IHSG berhasil mempertahankan support 7.280, dan juga sekaligus menjadi MA60 yang menentukan apakah IHSG akan downtrend atau tidak.

"Dan karena berhasil dipertahankan, maka sejauh ini belum bisa dikatakan bahwa IHSG akan downtrend ," tuturnya.

Dengan kondisi cukup aman, namun dengan adanya full call auction maka investor harus lebih hati-hati dalam memilih saham.

"Pilih yang aman, dan sisanya Anda bisa melakukan trading maupun investing dengan metode seperti biasanya," ucapnya.

Secara analisis teknikal, IHSG berhasil mempertahankan support MA60 pada perdagangan akhir pekan lalu, dimana sekaligus terbentuknya pola hammer memberikan indikasi daya beli yang kuat. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini.

"Kondisi ini membuka peluang untuk rebound di awal pekan bulan April ini," katanya.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -21,27 poin (-0,29 persen) menuju 7.288,81 pada perdagangan akhir pekan, Kamis 28 Maret 2024. Sebanyak 164 saham menguat, 445 saham menurun, dan 172 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin.

Berikut saham-saham yang direkomendasikan secara teknikal:

GJTL, buy, support 1190, resistance 1305.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

MTDL, buy, support 580, resistance 610.
Konfirmasi pola symmetrical triangle pada 580 (kini menjadi support baru).

CPIN, buy, support 5100, resistance 5550.
Pola rounding top namun posisi harga bertahan di atas MA20, secara teknikal masih dalam tren menguat selama bertahan di atas 5100.

DOID, wait and see , support 400, resistance 432.
Posisi harga berada di tengah-tengah support dan resistance , tren menguat namun tidak terdukung volume.

Topik Menarik