Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja, PT PIL Implementasikan MyPelindo P-CICO

Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja, PT PIL Implementasikan MyPelindo P-CICO

Ekonomi | medan.inews.id | Selasa, 21 Mei 2024 - 15:50
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Dalam rangka mendukung kelancaran dan peningkatan akuntabilitas kinerja, PT Prima Indonesia Logistik (PIL) sebagai anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) mengimplementasikan sistem aplikasi kehadiran berbasis online terhitung sejak 1 Mei 2024.

Penggunaan sistem aplikasi kehadiran ini telah disosialisasikan oleh manajemen PIL Aplikasi absensi online Pelindo Clock In/Clock Out (Pelindo CICO/P-CICO) memanfaatkan teknologi GPS yang ada pada smartphone untuk memudahkan pegawai dalam memvalidasi kehadirannya.

Penerapan Aplikasi ini dinilai sangat efektif dan efisien, meningkatkan keakuratan dan keakuntabelan serta kedisiplinan kinerja para pegawai.

Fitur P-CICO yang ada pada mobile app MyPelindo dapat digunakan sebagai media utama perekaman kehadiran pekerja di seluruh area/wilayah kerja PT Prima Indonesia Logistik (Belawan, Kuala Tanjung, Sei Mangkei, Perawang dan Dumai). 

Dalam sosialisasinya, Manajer SDM dan Umum PIL, Khairunnisa, menyebutkan bahwa salah satu penilaian dalam kinerja karyawan adalah absensi.

"Berawal dari absensi melalui fingerprint yang sebelumnya tidak efektif karena belum mangakomodir segala hal yang berkaitan dengan absensi serta rawan terhadap penyebaran virus dan penyakit," ujar Khairunnisa, Senin (20/5/2024).

“Maraknya digitalisasi menumbuhkan rasa kepekaan terhadap kemajuan teknologi, pemilihan ide absensi melalui absensi online ini agar pegawai mudah, cepat, dan efektif dalam melakukan absensi serta memberikan wajah baru terhadap sistem absen melalui inovasi aplikasi absensi P-CICO," sambung Khairunnisa.

MyPelindo P-CICO hanya digunakan untuk melakukan clock in/clock out yang akan menjadi media evaluasi kehadiran dan penggajian pegawai.

Pengguna aplikasi wajib mengizinkan lokasi dan kamera pada pengaturan aplikasi MyPelindo dan wajib terhubung dengan koneksi internet serta mengaktifkan lokasi pada smartphone masing-masing agar dapat digunakan.

Pegawai di dalam melakukan absensi tidak bisa dilakukan di mana saja, harus di lokasi yang telah ditentukan.

"Dengan adanya aplikasi MyPelindo CICO ini memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung baik di bidang SDM maupun bagi pegawai sendiri," terang Khairunnisa.

Direktur Utama PIL, Rudi Susanto, menjelaskan bahwa hadirnya inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin pegawai.

“Munculnya aplikasi ini didorong oleh perkembangan teknologi dan informasi yang semakin hari semakin pesat. Akses yang cepat dan akurat sangat menjadi perhatian saat ini. Begitu juga dalam melakukan absensi di sebuah perusahaan membutuhkan sebuah inovasi aplikasi yang mendukung kemajuan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Perusahaan yang maju adalah perusahaan yang dibentuk dengan sumber daya manusia yang disiplin," jelas Rudi.

Hasil dari adanya inovasi ini adalah dapat mempermudah pegawai dalam melakukan absensi, aplikasi ini juga memberikan bukti nyata terhadap kehadiran pegawai.

"Dengan begitu, pegawai akan lebih disiplin dan data dapat terakomodir dengan baik karena data lebih akurat. Data akan tersimpan secara realtime di server aplikasi sehingga memudahkan dalam mengontrol kehadiran pegawai," tutup Rudi.

Topik Menarik