Jasa Raharja Catat Ada 2.673 Kecelakaan Selama Mudik Lebaran, Santunan yang Dicairkan Rp55,4 Miliar

Jasa Raharja Catat Ada 2.673 Kecelakaan Selama Mudik Lebaran, Santunan yang Dicairkan Rp55,4 Miliar

Ekonomi | inewsid | Jum'at, 6 Mei 2022 - 13:38
share

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Raharja mencatat ada 2.673 kecelakaan selama arus mudik lebaran tahun ini. Adapun santunan kecelakaan untuk para korban yang dicairkan Jasa Raharja mencapai Rp55,4 miliar.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Purwantono, mengatakan santunan ini diserahkan untuk para korban yang terlibat 2.673 kejadian kecelakaan periode H-7 hingga H+3 lebaran.

"Kami telah menyerahkan santunan sebesar Rp55,4 miliar dengan jumlah korban yang mendapatkan santunan adalah 476 orang korban meninggal dunia, dan 3.767 orang korban luka-luka yang masih dirawat di RS kami terbitkan surat jaminan melalui integrasi online dengan Rumah Sakit," ungkap Rivan dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Dia menjelaskan, angka kecelakaan ini tercatat menurun dibandingkan tahun 2019, dimana untuk korban meninggal dunia turun 66,6 persen dan korban luka-luka turun 48,8 persen.

Menurut Rivan, Jasa Raharja menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penurunan angka kecelakaan tersebut kepada Kemenhub RI, Kementerian BUMN RI, Korlantas Polri, Pemerintah Daerah, Instansi/Lembaga terkait, serta BUMN dan pihak lainnya.

Dia juga menyampaikan harapan agar masyarakat yang saat ini akan kembali balik ke Jakarta tetap turut berperan aktif dalam menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban dengan mentaati peraturan yang berlaku, seperti rekayasa lalu lintas sistem ganjil-genap dan one way atau juga contraflow.

"Selain itu, agar para pemudik mempersiapkan fisik sebaik mungkin, memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat apabila lelah dan ngantuk pada memanfaatkan Pos Pelayanan Terpadu atau Rest Area serta melakukan pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan sebelum berangkat," kata Rivan.

Dia menabmabhkan, pemerintah melalui sinergi dari berbagai instansi Polri, Kemenhub RI, Kementerian BUMN RI melalui Jasa Raharja dan BUMN lain yang terlibat langsung, terus melakukan upaya-upaya strategis agar masyarakat yang mudik dan kembali ke Jakarta dapat melakukan perjalanan secara aman dan sehat.

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden dapat betul-betul terwujud sebagai Mudik Aman Mudik Sehat yang memberi berkah untuk semua lapisan masyarakat," ujar Rivan.

Topik Menarik