330 Jenazah Ditemukan di Kuburan Massal Gaza, Beberapa Mayat Ditemukan dengan Tangan Diborgol

330 Jenazah Ditemukan di Kuburan Massal Gaza, Beberapa Mayat Ditemukan dengan Tangan Diborgol

Berita Utama | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 16:00
share

GAZA – Penemuan sekitar 330 jenazah di kuburan massal di halaman rumah sakit Nasser, Gaza, telah menggemparkan dunia internasional.

Pada Selasa (23/4/2024), pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa beberapa mayat ditemukan dengan tangan terikat.

Hal ini menyusul pernyataan seorang pejabat Pertahanan Sipil Palestina, sebuah kelompok yang melakukan operasi penyelamatan dan pemulihan, bahwa mayat-mayat ditemukan dalam keadaan diborgol, jenazah terlihat tertembak di kepala, dan beberapa orang mengenakan seragam tahanan.

Reem Zeidan mengaku telah menghabiskan dua minggu mencari jenazah putranya Nabil, yang ditemukan pada Rabu (24/4/2024) sore.

Reem mengatakan dia melihat mayat-mayat yang memiliki tanda-tanda penyiksaan, dengan tangan diborgol. "Mereka dieksekusi. Ada yang tangan dan kakinya diborgol lalu dieksekusi. Sampai kapan ini akan berlanjut?,” terangnya.

Karena itu, penyelidikan forensik independen pun dibutuhkan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul.

BBC Verify telah memverifikasi video yang diposting online pada tanggal 22, 25 dan 28 Januari, yang menunjukkan warga Palestina menguburkan jenazah di dua lokasi di halaman rumah sakit Nasser. Rekaman tersebut di-geolokasi dengan menggunakan garis pohon palem ganda dan mencocokkan bangunan yang terlihat di jarak tengah.

Penguburan sementara tersebut dilakukan ketika staf medis dan warga sipil yang kehilangan tempat tinggal melaporkan adanya pertempuran sengit di daerah tersebut dan setelah rumah sakit tersebut dikatakan telah dikepung oleh pasukan darat Israel.

Topik Menarik