Komentar Shin Tae-yong usai Indonesia Bantai Vietnam, Singgung Kutukan di Hanoi

Komentar Shin Tae-yong usai Indonesia Bantai Vietnam, Singgung Kutukan di Hanoi

Berita Utama | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 00:45
share

HANOI, iNews.id Komentar Shin Tae-yong usai Indonesia membantai Vietnam 3-0 menarik diulas. Dia menyinggung pecahnya kutukan yang terbentang 20 tahun.

Skuad Garuda mencuri poin penuh usai kalahkan Vietnam 3-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Tiga gol kemenangan itu dicetak Jay Idzes (9), Ragnar Oratmangoen (23), dan Ramadhan Sananta (90+8).

Kemenangan atas Vietnam ini sekaligus memutus tren negatif Timnas Indonesia di markas Vietnam. Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya Skuad Garuda berhasil kalahkan The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- di Hanoi.

Ada 5 fakta Timnas Indonesia bantai Vietnam 3-0 pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (26/3/2024) malam WIB. (Foto: The Thao 247)

Shin Tae-yong mengaku sangat puas karena misinya untuk mematahkan rekor buruk tersebut bisa terwujud. Pasalnya, juru taktik asal Korea Selatan itu memang berucap ingin memecahkan tren negatif itu pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan kontra Vietnam.

Selama 20 tahun kami tidak pernah menang lawan vietnam di Hanoi, kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga kontra Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Seperti apa yang dibicarakan pada interview sebelumnya, saya sudah menyinggung bahwa rekor buruk ini akan diubah dan terbukti sekarang rekornya terpecahkan, ujarnya.

Shin Tae-yong menilai laga ini dirasa lebih sulit bagi Vietnam karena pada laga sebelumnya mereka kalah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3) lalu. Selain karena kerja keras pemain, pelatih berusia 53 tahun ini juga merasa dewi fortuna memang sedang berpihak pada Timnas Indonesia.

Menurut saya, bagi Vietnam mungkin ini menjadi pertandingan yang lebih sulit karena situasi yang sedang terjadi di negara mereka. Kami juga mendapat keberuntungan pada hari ini dan juga para pemain kami bekerja keras dan tampil baik, ungkap Shin Tae-yong.

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin.

Skenario Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Foto: PSSI)

Mereka terpaut lima angka dari Irak yang sudah dipastikan lolos. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang.

Untuk lolos ke putaran ketiga, tim yang dinahkodai Shin Tae-yong ini hanya butuh satu syarat. Skuad Garuda hanya butuh mengunci kemenangan di antara laga kontra Irak ataupun Filipina.

Topik Menarik