Kena Kutukan! Philippe Troussier Tak Bisa Menang Vs Indonesia Sejak 2004

Kena Kutukan! Philippe Troussier Tak Bisa Menang Vs Indonesia Sejak 2004

Berita Utama | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 00:45
share

HANOI, iNews.id- Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier tak bisa menang lawan Indonesia sejak 2004. Kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin memburuk catatan Troussier.

Timnas Indonesia baru saja berhasil kalahkan Vietnam pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB, Skuad Garuda menang 3-0 atas The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam.

Tiga gol kemenangan itu dicetak Jay Idzes (9), Ragnar Oratmangoen (23), dan Ramadhan Sananta (90+8). Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan kelima Timnas Indonesia melawan tim yang dinahkodai Troussier.

Kekalahan pertama Troussier saat menghadapi Timnas Indonesia terjadi kala dia melatih Qatar. Pertemuan itu terjadi pada Piala Asia 2004, yang mana saat itu Skuad Garuda yang dinahkodai Ivan Kolev menang dengan skor 2-1.

Kemudian kekalahan kedua Troussier melawan Timnas Indonesia terjadi saat dia sudah menukangi Vietnam, tepatnya saat bersua di SEA Games 2023. Skuad Garuda yang sudah diasuh oleh Shin Tae-yong mampu menang dengan skor tipis 3-2.

Berlanjut ke kekalahan ketiga Troussier, lagi-lagi dia tak bisa menaklukan Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong. Skuad Garuda menang tipis 1-0 atas Vietnam pada babak penyisihan grup Piala Asia 2024, yang mana gol itu dicetak oleh Asnawi Mangkualam pada titik putih.

Sementara kekalahan keempat juru taktik asal Prancis itu terjadi baru-baru ini, yaitu kala Vietnam melawan Timnas Indonesia pada pertemuan pertama lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Troussier dibuat gigit jari karena The Golden Star Warriors kalah 0-1 dari Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3) lalu. Jika ditotal, pelatih asal Prancis itu belum pernah menang lawan Timnas Indonesia polesan Shin Tae-yong sebanyak empat kali.

Sialnya, kekalahan pada hari ini membuat karier Troussier di kursi kepelatihan Vietnam terancam. Banyak penggemar Vietnam yang meminta pelatih asal Prancis itu dipecat setelah rentetan minornya.

Sementara itu, kemenangan atas Vietnam pada malam hari ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang bisa dibilang sudah dipastikan pasti lolos. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Dalam dua laga itu, Skuad Garuda bisa dibilang mendapat keuntungan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.

Untuk lolos ke putaran ketiga, tim yang dinahkodai Shin Tae-yong ini hanya butuh satu syarat. Timnas Indonesia hanya butuh mengunci kemenangan diantara laga kontra Irak ataupun Filipina.

Topik Menarik