TNI AL Kerahkan KRI Banda Aceh untuk Mudik Gratis, Kuota 1.000 Orang

TNI AL Kerahkan KRI Banda Aceh untuk Mudik Gratis, Kuota 1.000 Orang

Berita Utama | semarang.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 06:30
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id TNI AL mengerahkan KRI Banda Aceh untuk mudik Lebaran 2024 gratis bagi pemudik dari Jakarta dengan tujuan Semarang dan Surabaya.

Rute keberangkatan mudik gratis naik kapal perang dimulai dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dan Pelabuhan Perak Surabaya.

Komandan Lanal (Danlanal) Semarang Kolonel Laut Joko Andriyanto mengatakan, pengerahan KRI Banda Aceh dalam mudik ini untuk mendukung program pemerintah terkait dengan persiapan mudik Lebaran 2024.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali telah memerintahkan untuk menyiapkan fasilitas mudik gratis dengan mengerahkan KRI Bandar Aceh bernomor lambung 593, kata Danlanal ditemui di Mako Lanal Semarang, Senin (25/3/2024) malam.

Danlanal menyebutkan, rute keberangkatan mudik gratis ini dimulai dari Jakarta menuju Semarang pada tanggal 5 April 2024. Kemudian dari Semarang menuju Surabaya tanggal 6 April 2024 dan tiba di Surabaya tanggal 7 April 2024.

Untuk rute kembali dari Surabaya menuju Semarang tanggal 13 April 2024, selanjutnya dari Semarang tanggal 14 April 2024 sampai di Jakarta tanggal 15 April 2024, ujarnya.

Kolonel Joko menyebutkan kuota yang disediakan dalam mudik gratis naik kapal perang ini sebanyak 1.000 orang.

"Kuota yang disediakan sebanyak 1.000. Pelaksanaan mudik Lebaran 2024 ini full gratis tidak dipungut biaya," ujarnya.

Danlanal menjelaskan, program mudik gratis ini sebagai salah satu antisipasi agar para pemudik yang menggunakan sepeda motor diharapkan tiba di tujuan dengan aman dan selamat.

Dia memperhatikan para pemudik yang melakukan mudik menggunakan sepeda motor beberapa tahun belakangan ini.

Sepeda motor para pemudik dimodifikasi, belakangnya ditambahi kayu untuk membawa barang, membawa istri, , jelas kondisi tersebut sangat membahayakan, ujar Kolonel Joko.

"Belum lagi kaitannya dengan keselamatan dan tingkat kelelahan menggunakan sepeda motor tentunya akan jauh lebih melelahkan," ujarnya.

Dia menegaskan bahwa esensi atau tujuan utama mudik ialah bertemu keluarga dalam keadaan aman, nyaman, dan selamat.

Sementara, Danlanal menyatakan tidak ada mekanisme atau persyaratan khusus bagi yang mengikuti mudik Lebaran 2024 gratis TNI AL.

Pemudik hanya menyerahkan foto kopi KTP, STNK dan foto kopi BPKB, tanda tangan untuk bersedia mematuhi segala peraturan yang ada di kapal perang.

Ada peralatan alutsista tertentu yang tidak boleh sembarang disentuh saat menaiki kapal perang TNI AL, seperti senjata, sensor, dan lainnya, ungkapnya.

Kolonel Joko juga menegaskan, pemudik yang menggunakan sepeda motor listrik untuk sementara ini tidak diizinkan ikut mudik dengan kapal perang TNI AL.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan Kemenhub terkait larangan menggunakan sepeda motor listrik di kapal saat mudik Lebaran 2024.

Topik Menarik