Polri Terbitkan Red Notice 2 Buronan Kasus TPPO Mahasiswa ke Jerman

Polri Terbitkan Red Notice 2 Buronan Kasus TPPO Mahasiswa ke Jerman

Terkini | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 18:09
share

JAKARTA, iNews.id - Dua orang tersangka kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang menjerat para mahasiswa dengan modus program magang ke Jerman resmi menjadi buronan. Polri menerbitkan red notice atas nama ER alias EW (39) dan A alias AE (37) yang masih berada di Jerman.

"Manakala dia tidak bisa hadir, tentu saja kita akan menerbitkan 2 orang ini ke DPO," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro di Mabes Polri, Rabu (27/3/2024).

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus ini. Tiga tersangka lainnya sudah berada di Indonesia dan tengah menjalani proses hukum.

Kedua buronan ini berafiliasi dengan PT. SHB dan PT CVGEN. PT SHB berperan menyosialisasikan program magang dan memungut biaya pendaftaran dari para mahasiswa.

Namun, menurut Direktorat Jenderal Bina Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kemenaker, PT SHB tidak terdaftar sebagai P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia).

Sementara PT CVGEN bertugas mengurus persyaratan keberangkatan dan menerima uang pendaftaran magang.

Djuhandhani menegaskan, meski berada di luar negeri, dua buronan ini tidak akan bisa lolos dari jerat hukum.

"Jadi walaupun yang bersangkutan kemanapun, tetap kita kejar, dan meminta pertanggung jawaban secara hukum kalau ada pelanggaran dalam perbuatannya," katanya.

Topik Menarik