Pidato Hari Kemenangan, Putin: Kita Siaga Tempur, Hura!

Pidato Hari Kemenangan, Putin: Kita Siaga Tempur, Hura!

Berita Utama | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 15:35
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin upacara Hari Kemenangan di Alun-Alun Lapangan Merah, Moskow, Kamis (9/5/2024). Hari Kemenangan diperingati oleh Rusia setiap 9 Mei untuk merayakan kekalahan Nazi Jerman oleh Uni Soviet dalam Perang Dunia II.

Dalam pidatonya di hadapan para tentara Beruang Merah, Putin menegaskan Rusia akan melakukan segala upaya untuk menghindari konflik antara kekuatan global. Meski demikian, Putin juga menggarisbawahi, tidak akan membiarkan negara terancam.

"Rusia akan melakukan segalanya untuk mencegah perselisihan global. Namun pada saat yang sama, kita tidak akan membiarkan siapa pun mengancam kita," ujarnya, dikutip dari Reuters.

Pasukan strategis Rusia, kata Putin, selalu dalam kondisi siap tempur.

Setelah itu Putin memimpin mengheningkan cipta selama 1 menit untuk mengenang para pendahulu yang gugur dalam perang melawan Nazi Jerman.

Dia lalu membakar semangat para tentara dengan yel-yel yang sangat populer.

"Untuk Rusia, untuk Kemenangan, Hura!" teriak Putin, sambil memberikan isyarat kepada ribuan tentara untuk menjawab seruannya.

Para pemimpin asing turut menghadiri peringatan Hari Kemenangan di Lapangan Merah, yakni dari Guinea-Bissau, Kazakhstan, Tajikistan, Kirgistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Belarusia, Kuba, Laos, dan Guinea-Bissau.

Sebelumnya Putin menyambut para pemimpin asing tersebut yang tiba di Istana Kremlin. Setelah upacara Putin kembali mengadakan pertemuan dengan para pemimpin tersebut.

Topik Menarik