Waka BRIN Siapkan Teknologi Maju Kelola Tumbuhan Kebun Raya IKN

Waka BRIN Siapkan Teknologi Maju Kelola Tumbuhan Kebun Raya IKN

Nasional | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 12:58
share

Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Waka BRIN) Prof Amarulla Octavian melaksanakan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 30 April 2024. Kedatangan Waka BRIN didampingi Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi serta Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi.

"Kebun Raya IKN dirancang sebagai kebanggaan nasional untuk menunjukkan kekayaan alam Indonesia, seperti halnya Kebun Raya Nasional di beberapa negara," ujatnya, Rabu (1/5/2024).

Para tamu negara nantinya akan banyak mengunjungi Kebun Raya IKN dan bahkan acara-acara internasional dan forum akademik dapat diselenggarakan di Kebun Raya IKN.

"Saat ini 43 Kebun Raya di seluruh Indonesia yang dapat memberikan kontribusi koleksi tumbuhan Kebun Raya IKN," ucapnya.

Ada 5 Kebun Raya di bawah pengelolaan langsung BRIN dan 38 Kebun Raya dikelola pemerintah daerah dan universitas.

Sehari sebelumnya Waka BRIN juga telah melakukan kunjungan kerja ke Kebun Raya Banua di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengelola Kebun Raya Banua seluas 100 Ha dalam waktu singkat bahkan telah mendapat pengakuan dan predikat bergengsi dengan diterimanya Kebun Raya Banua sebagai anggota Botanic Gardens Conservation Internasional.

"Kebun Raya IKN merupakan bukti komitmen pemerintah yang kuat dalam melestarikan biodiversity tropis di Indonesia," katanya.

Pembangunan infrastruktur modern yang massif di IKN juga diimbangi dengan program pelestarian lingkungan yang sistematis.

Dia juga menilai pentingnya Kebun Raya IKN sebagai laboratorium riset agar para periset BRIN dapat melakukan berbagai invensi dan inovasi pemanfaatan koleksi tumbuhan Kebun Raya IKN bagi kesejahteraan bangsa Indonesia pada masa kini dan masa mendatang.

Topik Menarik