Negara Afrika Ini Segera Tutup Pangkalan Militer Prancis

Negara Afrika Ini Segera Tutup Pangkalan Militer Prancis

Global | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 19:40
share

Sebuah komisi politik Gabon menyerukan penutupan pangkalan militer Prancis di negara Afrika Tengah dan peninjauan perjanjian pertahanan dengan Paris. Demikian dilaporkan Radio France Internationale (RFI).

Menurut RFI, usulan tersebut disampaikan dalam sebuah laporan pada dialog nasional yang sedang berlangsung di ibu kota, Libreville, yang diselenggarakan oleh pemerintah militer Gabon dengan tujuan mengembalikan negara tersebut ke pemerintahan sipil.

Resolusi tersebut dilaporkan akan diadopsi pada Sabtu dalam sidang pleno peserta Dialog Nasional Inklusif (DNI), yang diluncurkan pada tanggal 2 April dan diharapkan selesai pada hari Selasa.

Prancis memiliki sekitar 400 tentara yang ditempatkan di pangkalannya, yang terletak di utara Libreville, yang bertugas melatih pasukan Gabon. Pada bulan September, Paris untuk sementara waktu menangguhkan kerja sama militer dengan negara tersebut sebagai tanggapan atas kudeta yang menggulingkan presiden lama Ali Bongo. Namun, lebih dari seminggu setelah menghentikan operasi, Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis mengumumkan bahwa mereka “secara perlahan” akan melanjutkan operasi tersebut.

Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sebastien Lecornu membenarkan tindakan tersebut, dengan mengklaim bahwa situasi politik di Libreville tidak dapat dibandingkan dengan situasi di Niger, di mana Paris telah berulang kali menyatakan bahwa mereka tidak akan bekerja sama dengan apa yang mereka anggap sebagai pemerintahan militer yang “tidak sah”.

Baca Juga: Rusia: Dukungan Barat ke Ukraina Bisa Memicu Perang Nuklir

Seruan Gabon untuk mengakhiri operasi militer Prancis adalah yang terbaru dari serangkaian langkah serupa yang dilakukan negara-negara bekas jajahan Prancis lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Para pemimpin militer di Burkina Faso, Mali, dan Niger semuanya memutuskan hubungan pertahanan dengan Paris karena diduga gagal memerangi pemberontak jihad di wilayah Sahel dalam misi kontraterorisme selama satu dekade.

Penguasa militer Gabon Jenderal Brice Oligui Nguema, yang memimpin kudeta pada Agustus untuk mencegah Bongo menjalani masa jabatan ketiga setelah 14 tahun berkuasa, bulan lalu menyatakan bahwa dia akan menghormati keputusan DNI. Dia berjanji akan menyerahkan kembali kekuasaan pada Agustus 2025.

Pada dialog nasional selama sebulan, yang dilaporkan dihadiri oleh ribuan orang, termasuk partai oposisi dan pemimpin agama, subkomite lembaga politik mengusulkan agar negara Afrika yang kaya mineral tersebut mengadopsi konstitusi baru.

“Mereka menginginkan konstitusi yang kaku sehingga sulit untuk direvisi. Masyarakat Gabon menginginkan eksekutif, khususnya Presiden Republik, memiliki lebih banyak waktu untuk melaksanakan berbagai program ekonomi dan sosial,” RFI mengutip ketua komite, Telesphore Ondo.

Topik Menarik