2 Miliarder Paling Berpengaruh di Asia yang Ikut Intervensi dalam Pemilu India

2 Miliarder Paling Berpengaruh di Asia yang Ikut Intervensi dalam Pemilu India

Global | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 20:30
share

Dua pengusaha terkaya di dunia kini terlibat dalam kampanye pemilu India yang semakin memecah belah. Mereka adalah Mukesh Ambani dan Gautam Adani.

Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini sedang menghadapi pemilu besar-besaran yang mana Perdana Menteri Narendra Modi diperkirakan akan mendapatkan masa jabatan ketiga berturut-turut.

2 Miliarder Paling Berpengaruh di Asia yang Ikut Intervensi dalam Pemilu India

1. Penguasa dan Pengusaha Jadi Aliansi Sempurna

Foto/AP

Modi sedang mencatat rekor ekonominya selama 10 tahun terakhir, periode pertumbuhan yang pesat bagi India, serta bagi dua miliarder paling terkenal di India: Mukesh Ambani dan Gautam Adani. Disamakan dengan para industrialis yang membantu membangun Zaman Emas Amerika, keduanya dianggap sebagai pendukung Modi yang vokal dan kedekatan mereka telah menjadi sasaran kritik keras dari politisi saingannya.

Namun pada rapat umum pemilu pada hari Rabu, Modi tampaknya menuduh lawan politik utamanya menerima uang dari Ambani, pimpinan perusahaan swasta paling berharga di India, Reliance Industries, dan Gautam Adani, pendiri konglomerat pelabuhan dan energi Adani Group.

Mengapa Shahzade Ji tiba-tiba berhenti membicarakan Ambani dan Adani dalam pemilu kali ini? Orang-orang mencium adanya kesepakatan rahasia, kata Modi di X, di mana ia mengunggah video pidatonya, dilansir CNN. Shahzade, atau pangeran, merujuk pada Rahul Gandhi, tokoh lama partai oposisi utama Kongres Nasional India.

Berapa banyak uang yang kamu ambil dari Ambani dan Adani? katanya di rapat umum.

Gandhi, keturunan dinasti yang memberi India tiga perdana menteri, sering mengajukan pertanyaan sulit tentang hubungan antara Modi dan para taipan terkemuka di negara itu.

Apakah kamu takut, Modi kata Gandhi dalam tanggapannya di X pada hari Rabu. Ini pertama kalinya Anda membicarakan Ambani dan Adani di depan umum.

Saya ingin mengulangi kepada negara bahwa jumlah uang yang telah diberikan Modi kepada para pengusaha ini, kami akan memberikan jumlah yang sama kepada masyarakat miskin India, tambahnya, meminta penyelidikan resmi terhadap kedua konglomerat tersebut.

Reliance dan Adani Group tidak menanggapi permintaan komentar CNN.

2. Sifat Pendanaan yang Tidak Jelas

Foto/AP

Meskipun masing-masing kandidat saling menuduh satu sama lain menerima banyak uang secara ilegal dari kedua pengusaha tersebut, namun tidak ada satupun yang memberikan bukti untuk mendukung klaim mereka.

Awal tahun ini, Mahkamah Agung India mengeluarkan keputusan besar mengenai sifat pendanaan politik yang seringkali tidak jelas. Dinyatakan bahwa sistem donasi anonim yang diperkenalkan oleh pemerintah Modi pada tahun 2017 adalah inkonstitusional.

Sistem obligasi pemilu telah memungkinkan individu atau kelompok untuk membeli obligasi dari Bank Negara India yang dikelola pemerintah dan menyumbangkannya secara anonim ke partai politik mana pun.

Kelompok antikorupsi telah lama mengeluh bahwa sistem ini berarti kurangnya transparansi mengenai sumbangan kepada partai politik sehingga memungkinkan perusahaan untuk menyumbang dalam jumlah besar tanpa mengungkapkannya.

Meskipun pidato Modi tentang para miliarder menjadi berita utama di India, para analis memperkirakan komentarnya tidak akan memicu pengawasan mendetail oleh media lokal atau penyelidikan resmi.

Mengingat hubungan erat antara media lama dan bisnis terkemuka di India, tidak ada keinginan besar untuk mengejar kapitalisme kroni di negara ini, kata Abhinandan Sekhri, salah satu pendiri Newslaundry, sebuah situs berita independen yang berfokus pada media.

4. Media Massa Dikuasai Miliarder

Foto/AP

Banyak perusahaan media terkemuka di India dimiliki oleh konglomerat besar yang berinvestasi di beragam industri, dan mereka berada di bawah tekanan untuk tetap bersahabat dengan partai yang berkuasa guna memastikan kebijakan yang menguntungkan bagi bisnis mereka yang lain, kata para analis.

Adani mengambil alih NDTV, sebuah lembaga penyiaran berpengaruh, pada tahun 2022, sementara Ambani memiliki Network 18, yang mencakup saluran TV CNN-News18, afiliasi CNN.

5. Uang Adalah Segalanya

Foto/AP

Dalam dekade terakhir, baik Ambani maupun Adani telah mengejutkan dunia dengan kesuksesan dan pengaruhnya.

Ambani, 67 tahun, adalah orang terkaya di Asia dan menguasai sebuah kerajaan yang memiliki bisnis mulai dari minyak dan energi bersih hingga telekomunikasi dan media.

Sama seperti Reliance, konglomerat Adani yang bernilai USD200 miliar beroperasi di industri-industri utama, termasuk energi dan logistik, yang dianggap sangat diperlukan bagi pertumbuhan ekonomi India. Menurut Bloomberg, miliarder tersebut saat ini menjadi orang terkaya kedua di Asia, namun ia sempat menggeser Jeff Bezos sebagai orang terkaya kedua di dunia pada tahun 2022.

Sementara investor mendukung duo ini kemampuan untuk bertaruh pada sektor-sektor yang diprioritaskan oleh Modi, para kritikus mengatakan kenaikan sektor-sektor tersebut memicu kapitalisme kroni di negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Modi menggunakan pesawat pribadi Adani ketika ia berkampanye untuk menjadi perdana menteri pada tahun 2014. Selama bertahun-tahun, baik partai yang berkuasa maupun kaum industrialis telah membantah adanya anggapan pilih kasih.

Pada bulan Januari 2023, kelompok Adani diguncang oleh krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika perusahaan short-seller asal Amerika, Hindenburg Research, menuduh kelompok tersebut terlibat dalam penipuan selama beberapa dekade.

Adani mengecam laporan Hindenburg sebagai tidak berdasar dan berbahaya. Namun hal ini gagal menghentikan kehancuran pasar saham yang, pada satu titik, menghapus lebih dari USD100 miliar nilai perusahaan-perusahaan yang tercatat di bursa.

Para pemimpin politik dari partai oposisi utama India dengan sengit mempertanyakan hubungan Adani dengan perdana menteri, dan beberapa bahkan mengatakan bahwa mereka dihukum karena terus mengutarakan masalah tersebut.

Sejak itu, Adani kembali bangkit secara luar biasa, dengan saham beberapa perusahaannya menyentuh rekor tertinggi.

Topik Menarik