4 Dampak Buruk Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS bagi Joe Biden pada Pemilu 2024

4 Dampak Buruk Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS bagi Joe Biden pada Pemilu 2024

Global | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 19:55
share

Ketika polisi New York bersiap menyerbu gedung Universitas Columbia pada bulan lalu, pemerintahan Biden mengutuk para mahasiswa pengunjuk rasa yang bersembunyi di dalamnya.

Pengambilalihan secara paksa gedung-gedung tidaklah damai, itu salah, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang menuduh mahasiswa melakukan perkataan kebencian karena menggunakan istilah Arab yang berarti revolusi. Ujaran kebencian dan simbol kebencian tidak mempunyai tempat di Amerika.

Komentar tersebut, yang muncul setelah dua minggu meningkatnya ketegangan antara siswa dan sekolah, membuat Joe Biden berpihak pada tindakan keras berikutnya, di mana 48 siswa ditangkap dan setidaknya satu petugas secara tidak sengaja melepaskan tembakan.

Meskipun ada kekhawatiran dari rekan-rekan Demokratnya, Biden menggandakan dukungannya terhadap penggerebekan polisi keesokan harinya dan menyatakan bahwa perbedaan pendapat tidak boleh mengarah pada kekacauan.

Bagi banyak pendukung Joe Biden, keputusan itu bisa menjadi titik puncaknya. Ini merupakan titik temu peluang Biden untuk terpilih kembali, kata James Zogby, yang sudah lama menjadi agen Partai Demokrat dan pemimpin Arab-Amerika.

Saya belum pernah berurusan dengan pemerintahan yang begitu tidak responsif terhadap basis mereka.

4 Dampak Buruk Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus AS bagi Joe Biden pada Pemilu 2024

1. Dukungan Muslim AS Akan Menurun

Foto/AP

Ketika protes pro-Gaza melanda kampus-kampus di negara tersebut, Biden mendapati dirinya semakin berselisih dengan para pemilih yang ia perlukan untuk menang agar bisa mengalahkan mantan Presiden Donald Trump dalam pemilu bulan November.

Semakin besarnya kesenjangan ini membuat Partai Demokrat takut dengan apa yang mungkin terjadi dalam pemilu yang mungkin akan ditentukan oleh beberapa ribu suara di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama.

Para ahli dan aktivis Partai Demokrat mengatakan Biden kehabisan waktu untuk mengubah arah guna menghindari bencana. Meskipun isu-isu kebijakan luar negeri biasanya memainkan peran sekunder dalam pemilu AS, terdapat alasan untuk meyakini bahwa situasi saat ini berbeda.

Penolakan presiden untuk memutuskan hubungan dengan Israel telah meningkatkan ketegangan di dalam partai Demokrat dan membuat Biden terlihat lemah dalam menghadapi masalah kebijakan utama dua faktor yang kemungkinan akan merugikan peluangnya pada bulan November, menurut banyak ilmuwan politik.

Kini, Biden memberikan dukungannya pada tindakan keras yang semakin meningkat terhadap protes, yang telah melibatkan lebih dari 2.500 penangkapan di perguruan tinggi di seluruh negeri. Keputusan tersebut semakin menambah semangat menjelang konvensi Partai Demokrat musim panas ini, ketika dampak penuh dari perpecahan ini akan terlihat jelas di Chicago.

Tanpa perubahan nyata dalam kebijakan baik di dalam maupun luar negeri, Biden mungkin akan kalah dalam upaya pemilihannya kembali, menurut seorang pejabat senior Partai Demokrat yang tidak mau disebutkan namanya agar bisa berbicara dengan bebas.

Ketika Anda memanggil polisi antihuru-hara untuk menyeret teman-teman sekelas Anda yang mengenakan zip tie dan melemparkan mereka ke dalam mobil polisi, hal itu benar-benar berdampak besar di kalangan anak muda, katanya. Hal ini tentu saja tidak akan menghasilkan suara baginya jika semakin banyak polisi yang memukuli para pemilihnya.

Ketika Joe Biden mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020, dia menampilkan dirinya kepada para pemilih sebagai raja yang penuh kasih sayang. Mantan wakil presiden itu pernah mengalami tragedi besar dalam hidupnya: hanya enam bulan setelah Biden pertama kali terpilih menjadi anggota Senat, istri dan putrinya meninggal dalam kecelakaan mobil di Delaware.

Sementara kedua putranya secara ajaib selamat dari kecelakaan itu, Beau Biden meninggal karena kanker saat ayahnya masih bertugas di pemerintahan Obama.

Pesan pemimpin pelayat Biden selaras dengan banyak orang Amerika yang sudah bosan dengan pendekatan politik Presiden Donald Trump yang kurang ajar, terutama ketika pandemi ini menjungkirbalikkan kehidupan di seluruh negeri.

Namun perang Israel di Gaza telah mengungkap batas empati khas Biden. Selama berbulan-bulan, presiden tidak terlalu peduli dengan penderitaan yang ditimbulkan oleh militer Israel di wilayah yang terkepung. Presiden Trump hanya menunjukkan kekhawatirannya terhadap penderitaan warga Palestina dan berulang kali menyoroti penderitaan para sandera Israel yang ditahan oleh Hamas.

Bahkan pendukung kuat Biden pun mengakui fakta ini. Apakah menurut saya Joe Biden memiliki perasaan dan empati yang sama terhadap warga Palestina di Gaza seperti yang dia miliki terhadap Israel? ungkap Aaron David Miller, seorang analis CNN dan mantan pejabat tinggi Timur Tengah. Tidak, dia tidak menyampaikannya, dia juga tidak menyampaikannya. Saya rasa tidak ada keraguan mengenai hal itu.

Kesenjangan empati telah terbawa ke dalam kebijakan dalam negeri. Biden kini telah menjadi kandidat hukum dan ketertiban, menyatakan bahwa protes tersebut antisemit dan menasihati bahwa AS bukanlah negara tanpa hukum. Pergeseran ini telah menimbulkan krisis bagi banyak orang yang takut akan masa jabatan Trump yang kedua.

Jika ini yang dimaksud dengan mengalahkan fasisme Trump, maka menurut saya banyak orang bertanya dengan sangat beralasan, apa perbedaan sebenarnya antara keduanya? kata David Austin Walsh, sejarawan sayap kanan Amerika dan mahasiswa pascadoktoral di Program Yale untuk Studi Antisemitisme.

3. Mendorong Pemimpin Alternatif

Foto/AP

Pertanyaannya tetap: Jika bukan Biden, lalu siapa? Kandidat pihak ketiga yang paling layak adalah Robert F. Kennedy Jr., yang secara konsisten memperoleh suara antara 5 dan 10 di tingkat nasional. Banyak generasi muda memandang RFK Jr. sebagai kandidat anti-perang, menurut penyelenggara Partai Demokrat, yang menyesalkan bahwa sebagian besar orang Amerika tidak menyadari kuatnya dukungan kandidat tersebut terhadap perang Israel.

Walsh mengatakan dia tidak mempertimbangkan kandidat ketiga dan malah akan mengabaikan hasil pemungutan suara pada bulan November. Namun, pada akhirnya, dia kemungkinan akan menahan diri dan memilih Biden, katanya kepada The New Arab.

Akankah orang lain mengikuti? Itu tergantung pada apakah Biden bersedia menerima beberapa fakta sulit, kata Zogby, yang bertugas di komite eksekutif Komite Nasional Demokrat hingga tahun 2017.

Meskipun ia berkarir panjang di politik Partai Demokrat, Zogby mengatakan ia dan para pemimpin Arab-Amerika lainnya belum pernah diundang ke Gedung Putih untuk bertemu sejak bulan November, bahkan ketika gerakan anti-Biden yang kuat telah berkembang di komunitas mereka.

Kalau mereka melakukan sosialisasi, mereka harus bersedia mendengar kabar buruk, katanya. Mungkin mereka tidak mau melakukan itu.

4. Konvensi Chicago Akan Berujung Kericuhan

Foto/AP

Mungkin ketakutan terbesar di kalangan pendukung Biden adalah terulangnya kekerasan pada konvensi Partai Demokrat tahun 1968, ketika polisi bentrok dengan pengunjuk rasa anti-Perang Vietnam dalam sebuah insiden yang kemungkinan besar berkontribusi pada kemenangan pemilu Richard Nixon.

Salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hal tersebut adalah dengan berhenti mengerahkan polisi untuk membubarkan perkemahan protes. Jika peristiwa tahun 1960-an mengajarkan kita sesuatu, maka pengiriman polisi akan cenderung menyemangati para pengunjuk rasa dan memperburuk situasi, menurut sejarawan Mitchell Hall dari Central Michigan University.

Para pejabat kemudian menyalahkan polisi atas kekerasan yang terjadi pada konvensi tersebut, namun masyarakat Amerika pada saat itu hanya melihat kekacauan di jalanan, catat Hall.

Memang benar, pola tersebut telah terjadi lagi dalam beberapa minggu terakhir. Para pendukung Partai Republik dan pro-Israel memanfaatkan gambar-gambar kekerasan dalam protes tanpa menyadari bahwa semua itu terjadi setelah polisi atau pasukan Garda Nasional dipanggil. Penangkapan awal di Columbia berperan dalam keputusan mahasiswa untuk menyita sebuah gedung. , mengacu pada protes era tahun 1960-an yang kini dipuji oleh universitas.

Sebaliknya, respons yang tidak terlalu disertai kekerasan telah memungkinkan para administrator untuk mencapai kesepakatan dengan para pengunjuk rasa, sehingga menghasilkan resolusi damai di Northwestern, Brown, dan Rutgers.

Namun kekerasan politik cenderung menyebar, seperti yang terjadi pekan lalu ketika agitator pro-Israel menyerang kamp solidaritas Gaza di UCLA, melukai sedikitnya 15 pengunjuk rasa. Dan akan semakin sulit untuk menutup situasi jika Israel menindaklanjuti ancamannya untuk menyerang Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina terdesak sejak dimulainya perang.

Potensi bentrokan pada konvensi di Chicago bulan Agustus ini membuat Partai Demokrat di Kongres khawatir bahwa kemungkinan terburuk belum terjadi, menurut Hassan el-Tayyab, direktur legislatif dari Friends Committee on National Legislation.

Ada kekhawatiran bahwa hal ini bisa meluas ke DNC, kata el-Tayyab. Jika mereka tidak menyelesaikan masalah ini, akan terjadi kekacauan besar.

Topik Menarik