3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

Global | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 21:21
share

Upacara wisuda diadakan di perguruan tinggi dan universitas di seluruh AS. Ketika banyak kampus diguncang oleh protes atas perang Israel- Hamas , beberapa pengelola sekolah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi gangguan selama kegiatan wisuda mereka.

Menjelang upacara, pihak berbagai kampus mengatakan bahwa staf dan petugas keamanan siap untuk merespons dan mengganggu dimulainya upacara tidak akan dianggap sebagai kebebasan berbicara.

3 Wisuda di Kampus Elite AS yang Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

1. Universitas Northeastern

Foto/AP

Di Boston, upacara wisuda Universitas Northeastern diadakan dengan damai di tengah hujan pada hari Minggu di Fenway Park.

Beberapa siswa mengibarkan bendera kecil Palestina dan Israel, namun bendera-bendera tersebut tersebar di antara bendera India, AS, dan negara-negara lain.

Pembicara mahasiswa sarjana Rebecca Bamidele mendapat sorakan singkat ketika dia menyerukan perdamaian di Gaza.

Polisi bulan lalu menangkap sekitar 100 pengunjuk rasa di Northeastern ketika mereka membubarkan sebuah perkemahan di kampus Boston.

Petugas polisi berdiri di dekatnya ketika beberapa lulusan yang memegang bendera Palestina dan meneriakkan pesan-pesan pro-Palestina melakukan protes selama wisuda di Universitas Michigan pada hari Sabtu, di mana puluhan ribu orang berkumpul di dalam Stadion Michigan. Salah satu spanduk bertuliskan, Tidak ada universitas tersisa di Gaza.

Para pengunjuk rasa berada jauh dari panggung dan tidak menghentikan acara yang berlangsung hampir dua jam itu. Namun Menteri Angkatan Laut A.S. Carlos Del Toro berhenti beberapa kali selama sambutannya dan pada satu titik berkata, Terima kasih, hadirin sekalian, jika Anda dapat menarik perhatian Anda kembali ke podium.

Del Toro mengucapkan sumpah kepada lulusan angkatan bersenjata. Dia mengatakan mereka akan melindungi kebebasan yang sangat kami hargai, termasuk hak untuk melakukan protes secara damai.

Para pengunjuk rasa menuntut Michigan memutuskan hubungan keuangan dengan perusahaan mana pun yang terkait dengan Israel. Universitas telah mengizinkan mendorong pengunjuk rasa untuk mendirikan perkemahan di tengah kampus.

Polisi membantu membubarkan pertemuan besar pada Jumat malam di luar museum seni kampus tempat diadakannya makan malam bagi penerima gelar kehormatan. Setidaknya satu orang ditangkap.

3. Ohio State University

Foto/AP

Seseorang jatuh dari tribun hingga meninggal pada hari Minggu saat upacara wisuda Ohio State University, menurut pejabat universitas.

Kejatuhan terjadi sekitar tengah hari di dekat tempat para lulusan terakhir memasuki Stadion Ohio, lapor Columbus Dispatch.

Polisi menutup area tersebut. Belum jelas apakah kejatuhan tersebut merupakan kecelakaan atau disengaja, atau melibatkan pelajar atau orang lain.

Juru bicara universitas Benjamin Johnson mengatakan dalam pernyataan melalui email bahwa universitas mengetahui kematian tersebut tetapi tidak memiliki informasi tambahan untuk dibagikan tentang apa yang terjadi.

Beberapa siswa dan orang lain yang menghadiri upacara tersebut tampak kesal. Permulaan berlanjut dan pembicara tidak menyebutkan apa yang terjadi.

Topik Menarik