8 Jenis Ikan Tinggi Protein dan Rendah Lemak untuk Diet

8 Jenis Ikan Tinggi Protein dan Rendah Lemak untuk Diet

Gaya Hidup | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 21:30
share

Beberapa jenis ikan tinggi protein dan rendah lemak baik untuk diet. Protein tidak hanya penting untuk melatih kekuatan, tapi juga membangun untuk otot, tulang, tulang rawan, kulit, dan darah hingga diet.

Ikan , terutama pilihan seperti salmon, trout, makarel, dan cod, adalah pilihan protein yang sangat baik karena kandungan asam lemak omega-3 mereka. Omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, sirkulasi dan fungsi kognitif.

Konsumsi protein cenderung terutama dari daging, unggas, dan telur. Namun, ikan dapat menjadi sumber protein yang memuaskan dan lengkap untuk dimasukkan secara teratur ke dalam makanan atau camilan Anda.

Jenis Ikan Tinggi Protein dan Rendah Lemak untuk Diet

Berikut beberapa jenis ikan tinggi protein dan rendah lemak untuk diet dilansir dari Mens Health, Jumat (26/4/2024).

1. Ikan Tuna

Empat ons tuna mengandung 33 gram protein dan 225 kalori. Tidak perlu khawatir kandungan merkuri dalam ikan tuna. Sebab, FDA menyatakan bahwa lima ikan yang paling sering dimakan yang rendah merkuri adalah udang, tuna kalengan, salmon, pollock, dan ikan lele.

2. Ikan Teri

Jadi empat ons ikan teri memiliki 52 gram protein. Selain protein, ikan teri juga sangat tinggi dalam omega-3 dan rasa, yang mana Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan.

3. Ikan Kakap

Anda mungkin melihat ikan kakap merah di pasar. Namun, semua varietas memiliki profil nutrisi yang sama yakni 30 gram protein dan 145 kalori untuk setiap empat ons. Ini adalah ikan berdaging yang lebih padat, jadi ini pilihan yang bagus untuk dipanggang.

4. Ikan Nila

Ikan nila mempunyai rasa yang sangat lezat. Dalam satu fillet, Anda akan menemukan 23 gram protein hanya dengan 111 kalori.

5. Ikan Kerapu

Ikan kerapu mengandung 28 gram protein dan 134 kalori per empat ons porsi. Ikan jenis ini kaya akan kandungan nutrisi dan bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan lezat.

6. Ikan Sarden

Konsumsi empat ons ikan sarden dan Anda akan mendapatkan 28 gram protein untuk 236 kalori. Anda bisa memasukkan berbagai bahan lainnya untuk menambah kelezatan ikan jenis ini.

7. Ikan Lele

Satu fillet ikan lele memiliki 24 gram protein yang mengesankan untuk 189 kalori. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus memastikan cara memasaknya dengan tepat. Salah satu yang direkomendasikan adalah dipanggang.

8. Makarel

Makarel adalah ikan lain yang tinggi protein. Di mana ikan ini mengandung 20 gram protein untuk 1 fillet. Ini lebih tinggi di sisi kalori daripada ikan lainnya, tetapi masih relatif rendah pada 230 kalori. Coba ikan satu ini digoreng atau dipanggang.

Topik Menarik