Apa Saja Tugas Brimob?

Apa Saja Tugas Brimob?

Nasional | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 18:40
share

Korps Brigade Mobile Kepolisian Negara Republik Indonesia (Brimob Polri) merupakan pelaksana utama Mabes Polri yang khusus menangani kejahatan berintensitas dan berkadar tinggi. Apa saja tugas Brimob?

Korps Brimob Polri yang profesional, modern, dan terpercaya adalah visi satuan elite Polri tersebut sebagaimana dilansir dari laman resminya. Sedangkan salah satu misinya adalah mewujudkan Korps Brimob Polri yang disiplin, solid, dan loyal.

Kedua, mewujudkan postur Korps Brimob Polri yang ideal, efektif, dan profesional dengan didukung peralatan dan almatsus yang modern. Ketiga, meningkatkan sistem manajemen sumber daya manusia Korps Brimob Polri melalui pendidikan dan latihan guna profesional dalam rangka menghadapi ancaman gangguan kamtibmas berintensitas tinggi. Baca juga: Bentrokan TNI AL dan Brimob di Pelabuhan Sorong Papua Berakhir Damai

Korps Brimob Polri sebagai bagian integral Polri juga punya tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan dan menggerakkan kekuatan Brimob Polri dalam menanggulangi gangguan Kamtibmas berkadar tinggi. Utamanya, kerusuhan massa, kejahatan terorganisasi bersenjata api, bom, bahan kimia, biologi dan radioaktif.

Pelaksanaan tugas Brimob tersebut dilandaskan atas fungsi Brimob Polri sebagai satuan pamungkas Polri (Striking Force) yang memiliki kemampuan spesifik penanggulangan keamanan dalam negeri yang berkadar tinggi dan penyelamatan masyarakat yang didukung oleh personel terlatih dan memiliki kepemimpinan yang solid, peralatan dan perlengkapan dengan teknologi modern.

Dalam organisasi, peran Brimob Polri adalah melakukan manuver secara individual atau dalam kelompok dengan daya gerak, daya tembak, dan daya sergap untuk membatasi ruang gerak, melumpuhkan, menangkap para pelaku kejahatan beserta saksi dan barang bukti dengan cara membantu, melengkapi, melindungi, memperkuat, dan menggantikan satuan kepolisian yang ada.

Baca juga: Sejarah Brimob Polri, Dibentuk Jepang untuk Perang Asia Timur Raya

Masih dilansir dari laman resminya, Brimob Polri ditugaskan menjaga keamanan dalam negeri dari ancaman kejahatan yang berintensitas tinggi. Keberhasilan Korps Brimob Polri dalam menanggulangi ancaman Kamtibmas di Indonesia tidak terlepas adanya dukungan dari masyarakat bangsa dan negara yang menginginkan rasa aman dan nyaman tercipta di negeri ini.

Korps Brimob Polri juga punya kemampuan Search and Rescue (SAR) yang digunakan dalam tugas-tugas kemanusiaan dalam membantu dan mengevakuasi korban bencana alam yang terjadi di Indonesia. Adapun intensitas perlibatan kekuatan Brimob Polri dalam penanggulangan tindak pidana terorisme di Indonesia meningkat pascaserangan teror Bom Bali I.

Brimob juga dilibatkan dalam operasi-operasi kepolisian lainnya, khususnya dalam menghadapi kejahatan berintensitas tinggi seperti ikut terlibat dalam operasi Tinombala bersama dengan TNI.

Topik Menarik