Peristiwa Hari Ini: Bandara Soekarno-Hatta Pertama Kali Beroperasi

Peristiwa Hari Ini: Bandara Soekarno-Hatta Pertama Kali Beroperasi

Nasional | okezone | Senin, 1 April 2024 - 02:00
share

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah tercatat berlangsung pada 1 April. Untuk mengetahui beberapa diantaranya, Okezone merangkum apa saja yang terjadi pada 1 April. Berikut ulasannya:

1. April Mop

April Mop atau April Fools' Day dirayakan setiap 1 April. Pada tanggal ini, semua orang diperbolehkan untuk berbohong atau memberikan lelucon kepada oranglain tanpa dianggap bersalah.

Namun, belum diketahui dengan pasti sejak kapan atau apa fakta sebenarnya yang terdapat dalam peringatan April Mop ini.

2. Kota Blitar dan Sukabumi dibentuk

Tepat pada 1 April 1904 Kota Blitar dibentuk pertama kali oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda nama Gementee Blitar. Sama halnya dengan Blitar, pada 1 April 1914, Kota Sukabumi dibentuk oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan nama Gementee Soekaboemi untuk memfasilitasi orang Eropa di Sukabumi.

3. Perang Dunia II: Pertempuran Okinawa

Serangan gabungan terbesar pada masa perang Pasifik atau Perang Dunia kedua dimulai di Okinawa, Jepang. Pertempuran ini pun berlangsung selama 82 hari, mulai awal April hingga pertengahan Juni 1945.

4. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi tepat pada 1 April 1985. Peresmian ini pun menjadi tanda pergantian Bandar Udara Kemayoran (penerbangan domestik) di Jakarta Pusat, dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Bandar Udara Kemayoran telah ditutup, sementara Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma masih beroperasi, melayani penerbangan charter dan militer.

Topik Menarik