10 Daftar Negara Tertua di Dunia, 7 Wilayah Ternyata Ada di Benua Asia

10 Daftar Negara Tertua di Dunia, 7 Wilayah Ternyata Ada di Benua Asia

Seleb | celebrities.id | Selasa, 1 Februari 2022 - 17:32
share

JAKARTA, celebrities.id - Negara tertua di dunia ternyata sebagian besarnya berada di benua Asia. Bahkan, ada yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Sejumlah negara tertua di dunia itu berusia miliaran tahun. Setidaknya itu yang disimpulkan oleh para sejarawan dunia yang melacak nenek moyang manusia.

Temuan itu didukung oleh keberadaan budaya kuno dari negara-negara tertua di dunia tersebut. Anda mungkin tidak mengira bahwa negara-negara di bawah ini telah berdiri sejak lama.

Melansir Traveltriangle, Selasa (1/2/2022), mari kita telusuri sejarah untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang berada di posisi teratas daftar negara tertua di dunia.

1. Korea Utara: Abad ke-7 SM (Asia)

Korea Utara juga dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea dan merupakan salah satu negara tertua di dunia. Akar negara ini kembali ke abad ke-7 SM yang dengan sendirinya merupakan fakta yang menarik dan menakjubkan.

Fakta lain tentang itu adalah bahwa namanya berasal dari kata Goryeo yang pada gilirannya berasal dari sebuah dinasti bernama Goguryeo. Dinasti ini dulunya merupakan kekuatan besar pada masa itu.

2. Vietnam: Berusia 4000 Tahun (Asia)

Anda mungkin tidak tahu bahwa daftar negara tertua di dunia juga termasuk Vietnam! Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Republik Sosialis Vietnam. Sejarahnya berawal dari masa ketika ada satu negara Vietnam.

Pemerintahannya dibentuk oleh dinasti Hong Bang. Vietnam sekarang berdiri sebagai salah satu tujuan paling indah di dunia.

3. India: 2500 SM (Asia)

Anda akan terkejut mengetahui bahwa anak benua India telah berkembang selama sekitar 5.000-6.000 tahun dan membentuk peradaban di sekitar 1500 SM ketika mereka menciptakan Peradaban Veda, yang meletakkan dasar-dasar agama Hindu.

Namun, negara ini diperintah oleh banyak dinasti. India modern didirikan pada tahun 1947, setelah negara itu memenangkan kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris.

4. Mesir: 6000 SM (Afrika)

Sejarah Mesir dan adat budaya tradisional negara ini terkait erat. Negara ini sudah ada sejak lama. Tulisan di Mesir, yang lebih tua dari bentuk tulisan paling dasar manapun, berasal dari tahun 3200 SM.

Ini memberitahu kita bahwa meskipun negara telah berkembang secara signifikan, namun sejarahnya telah memainkan peran besar di dalamnya.

5. Iran: 620 SM (Asia)

Iran didirikan pada abad ke-16. Kekaisaran Achaemenid memerintah Iran pada tahun-tahun awal. Dinasti ini memerintah dari 330 SM. hingga 550 SM, yang merupakan periode yang sangat panjang dan luar biasa dalam sejarah negara mana pun.

Iran adalah salah satu negara tertua di dunia. Jika Anda mengunjungi negara tertua di dunia, maka Iran wajib dikunjungi.

6. Armenia: 6500 SM (Asia)

Ditemukan pada 782 SM, Armenia adalah salah satu negara tertua di dunia. Berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan dalam bentuk gua dan prasasti batu, Armenia diyakini telah dihambat oleh manusia sejak 90.000 SM.

Dikenal karena diaspora budayanya yang kaya, Armenia dianggap sebagai Tanah Suci oleh beberapa budaya dan komunitas.

7. Tiongkok/China: 2100 SM (Asia)

Di antara negara-negara tertua di dunia, yang berikutnya dalam daftar adalah Cina karena telah diketahui ada selama lebih dari 3500 tahun. Dinasti Shang memerintah di Cina pada abad ke-17 SM hingga abad ke-11 SM.

Ini dianggap sebagai periode pemerintahan terlama untuk dinasti mana pun. Cina modern muncul sekitar 220 SM. Dalam sejarah Tiongkok, deklarasi dibuat oleh Qin Shi Huang, kaisar pertama dan terpenting Tiongkok!

8. Jepang: 15 Juta Tahun (Asia)

Kaisar pertama Jepang, Jimmu, dilaporkan sebagai pendiri negara ini. Jepang muncul pada tahun 660 SM. Dalam catatan sejarah, Buddhisme mempengaruhi sebagian besar budaya Jepang.

Jepang, yang dikenal sebagai negeri matahari terbit atau kita dapat mengatakan negara tertua di dunia berdasarkan usia, dengan banyak kerajaan. Jepang menjadi negara yang berpengaruh selama era Restorasi Meiji. Negara tertua di Asia ini juga termasuk negara tertua di dunia.

9. Ethiopia: 5 Juta Tahun (Afrika)

Ethiopia mucul dalam era Hominid dan populer sebagai salah satu negara tertua di Afrika. Terdapat ikatan budaya dan tradisional kuat dan transformasi di Ethiopia. Adat dan tradisi juga berkembang. Islam dan Yudaisme dipraktekkan di Ethiopia sejak dahulu kala.

10. Yunani: 4500 SM (Eropa)

Periode klasik Yunani memiliki dampak yang relevan pada masa kininya. Periode klasik terbukti berhasil menjadikan Yunani sebagai salah satu negara dengan pemikiran paling maju di dunia.

Yunani memiliki ikatan emosional yang besar dengan adat dan tradisi lama sebagai salah satu negara tertua di dunia. Negara ini telah membuat kemajuan luar biasa dalam seni, budaya, dan banyak kemajuan teknologi lainnya.

Topik Menarik