5 Fakta Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Nomor 3 Hapus Kutukan 20 Tahun

5 Fakta Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Nomor 3 Hapus Kutukan 20 Tahun

Olahraga | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 22:34
share

HANOI, iNews.id - Ada 5 fakta Timnas Indonesia bantai Vietnam 3-0 pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Salah satunya Garuda memecahkan kutukan yang sudah terbentang 20 tahun lamanya.

Skuad Garuda tampil beringas di markas Vietnam yakni Stadion My Dinh, Hanoi. Tiga gol hadir berkat kreasi Jay Idzes menit ke-7, Ragnar Oratmangoen (23) dan Ramadhan Sananta (90+8).

Ada beberapa fakta menarik di balik kemenangan telak Timnas Indonesia di Hanoi. Apa saja?

5 fakta Timnas indonesia bantai Vietnam:

1. Pesona Pemain Naturalisasi Baru

Dua dari tiga gol Indonesia malam ini merupakan kreasi dari pemain naturalisasi yang baru sah jadi Warga Negara Indonesia bulan ini. Mereka adalah Jay Idzes, Ragnar, Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On.

Haye memberikan assist untuk gol tandukan Idzes. Sementara Nathan memberikan umpan sebelum Ragnar melakukan solo run dan mencetak gol.

Thom Haye jadi buah bibir usai tampil apik saat Timnas Indonesia bantai Vietnam 3-0, Selasa (26/3/2024) malam WIB. (Foto: Instagram/timnasfirst)

2. Ranking FIFA Melesat

Kemenangan ini menambah poin Indonesia menjadi 1102.7. Akun Footy Ranking memprediksi Garuda akan naik empat tingkat dari ranking 139 menjadi 135, persis di bawah Malaysia (134).

Ada empat negara yang digeser Indonesia yakni Kuwait (138), Lithunia (137), Latvia (136) dan Nicaragua (135). Bahkan Indonesia bisa saja menggeser Malaysia.

Tapi syaratnya Malaysia harus kalah dari Oman di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kedua tim saat ini tengah bertarung, Stadion Bukit Jalil.

3. Hapus Kutukan 20 Tahun

Timnas Indonesia mengakhiri penantian 20 tahun untuk bisa meraih kemenangan di kandang Vietnam. Sebab, Garuda terakhir kali merasakan kemenangan di My Dinh National Stadium pada 11 Desember 2004.

Menariknya, kala itu Timnas Indonesia juga sukses meraih kemenangan 3-0 atas Vietnam dalam laga ketiga Piala Tiger atau sekarang Piala AFF 2004. Muhammad Mauli Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma sukses membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan telak di Hanoi.

Ranking FIFA Timnas Indonesia usai membantai Vietnam 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB menarik diulas. (Foto: PSSI)

4. Jalan ke Piala Dunia Makin Dekat

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang sudah dipastikan pasti lolos. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Dalam dua laga itu, Skuad Garuda bisa dibilang mendapat keuntungan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.

Untuk lolos ke putaran ketiga, pasukan Shin Tae-yong hanya butuh satu syarat. Timnas Indonesia hanya butuh mengunci kemenangan diantara laga kontra Irak ataupun Vietnam.

Pasalnya, jika sukses mengunci kemenangan diantara dua laga terakhirnya, Timnas Indonesia total akan mengoleksi 10 poin. Jumlah tersebut sudah pasti tidak bisa dikejar oleh Vietnam yang hanya punya poin maksimal sembilan.

5. Nasib Apes Pelatih Vietnam Philippe Troussier

Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan kelima Timnas Indonesia melawan tim yang dinakhodai Troussier.

Kekalahan pertama Troussier saat menghadapi Timnas Indonesia terjadi kala dia melatih Qatar. Pertemuan itu terjadi pada Piala Asia 2004, yang mana saat itu Skuad Garuda yang dinahkodai Ivan Kolev menang dengan skor 2-1.

Kemudian kekalahan kedua Troussier melawan Timnas Indonesia terjadi saat dia sudah menukangi Vietnam, tepatnya saat bersua di SEA Games 2023. Skuad Garuda Muda asuhan Indra Sjafri kala itu mampu menang dengan skor tipis 3-2.

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier. (Foto: REUTERS)

Berlanjut ke kekalahan ketiga Troussier, lagi-lagi dia tak bisa menaklukan Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong. Skuad Garuda menang tipis 1-0 atas Vietnam pada babak penyisihan grup Piala Asia 2023.

Sementara kekalahan keempat juru taktik asal Prancis itu terjadi baru-baru ini, yaitu kala Vietnam melawan Timnas Indonesia pada pertemuan pertama lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Troussier dibuat gigit jari karena The Golden Star Warriors kalah 0-1 dari Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3) lalu.

Topik Menarik