Jersey Anyar Timnas Indonesia Disebut Mirip Singapura, Menpora Pasang Badan

Jersey Anyar Timnas Indonesia Disebut Mirip Singapura, Menpora Pasang Badan

Olahraga | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 15:29
share

JAKARTA, iNews.id Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, pasang badan merespons tudingan desain jersey anyar Timnas Indonesia yang dianggap mirip seperti jersey Timnas Singapura.

Erspo yang merupakan aparel resmi Timnas Indonesia telah resmi merilis jersey baru Skuad Garuda pada Senin (18/3/2024) sore. Desain jersey kandang anyar Timnas Indonesia berwarna merah-merah dengan dibalut warna putih yang melingkar pada leher dan lengan.

Jersey baru Timnas Indonesia resmi diluncurkan di Jakarta, Senin (18/3/2024). (Foto: PSSI)
Jersey baru Timnas Indonesia resmi diluncurkan di Jakarta, Senin (18/3/2024). (Foto: PSSI)

Sementara untuk jersey tandang berwarna putih-putih dengan balutan warna merah yang juga melingkar pada leher dan lengan.

Banyak yang menilai jersey yang terbilang simpel ini mirip seperti jersey Singapura. Pasalnya, dari segi corak warna dan desain tidak begitu jauh berbeda dengan baju perang The Lions, julukan Timnas Singapura.

Menanggapi hal itu, Menpora Dito menuturkan pembelaannya. Dia mengatakan, jersey Timnas Indonesia tidak meniru kostum Timnas Singapura. Apalagi, desain jersey anyar Skuad Garuda itu terinspirasi pada jersey Timnas Indonesia tahun 1981 kala menang 2-0 lawan Jepang.

Saya rasa kalau dibilang mirip, tidak terlalu mirip sebenarnya. Tapi pasti setiap jersey, benchmark dan desain jersey ini kan tidak banyak. Dan ini saya rasa mengambil dari tim tahun 1981, jadi harusnya kita duluan, kata Menpora Dito, Senin (18/3/2024).

Soal desain, Menpora Dito memberi apresiasi setinggi-tingginya. Dia berharap desain jersey Timnas Indonesia saat ini bisa memotivasi skuad untuk dapat berprestasi pada ajang yang akan dimainkan.

Untuk desain, menurut saya tadi saya lihat sangat bagus. Dan kalau dilihat dari dekat, ada semacam motif batiknya ya, batiknya berupa Garuda dan ini sangat keren, diambil dari inspirasi jersey tahun 1981 di mana Indonesia menang 2-0 lawan Jepang, ujarnya.

Ini semoga bisa mengembalikan motivasi dan juga inspirasi bagi para atlet dan juga seluruh tim PSSI dan timnas dalam menghadapi kompetisi dan pertandingan ke depan, tutur Menpora Dito.

Timnas Indonesia kemungkinan akan langsung memakai jersey kandang anyar tersebut saat menghadapi Vietnam pada matchday 3 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024).

Kemudian, jersey tandang berwarna putih bisa jadi dipakai saat Timnas Indonesia bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Topik Menarik