Timnas Indonesia U-23 Diintimidasi, AFC Buat Isu Justin Hubner Tak Bisa Turun vs Irak U-23, Ada Apa?

Timnas Indonesia U-23 Diintimidasi, AFC Buat Isu Justin Hubner Tak Bisa Turun vs Irak U-23, Ada Apa?

Olahraga | surabaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 19:50
share

DOHA, iNewsSurabaya.id - Tekanan dari luar lapangan dialami Timnas Indonesia U-23 menjelang lawan Irak U-23. AFC mengeluarkan pernyataan kontroversi dengan menyebut Justin Hubner tak bisa main dipertandingkan menentukan ini.

Pernyataan AFC langsung mendapatkan respon dari Justin Hubner. Ia memberi respons tegas setelah artikel kontroversial AFC menyebutnya absen dalam laga vital Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Irak U-23.

Bek berusia 20 tahun itu memposting foto siap tempur dan membagikan jadwal pertandingan, membantah klaim AFC.

Kesalahan AFC terletak pada asumsi bahwa Hubner absen karena kartu kuning. Namun, faktanya, Hubner dalam kondisi bugar dan hanya memiliki satu kartu kuning, yang pun telah dihapus jelang laga semifinal.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, memastikan ketersediaan Hubner untuk pertandingan tersebut. "Bisa main mas," ungkapnya kepada Okezone. Dengan begitu, Hubner siap tempur melawan Irak U-23, membantah segala dugaan sebelumnya.

Sebelumnya, AFC membuat heboh dalam artikel yang mereka buat. Dalam artikel berjudul Preview - 3rd Place Playoff: Iraq v Indonesia, AFC menyebut Justin Hubner absen bersamaan dengan Rizky Ridho yang terkena kartu merah langsung melawan Timnas Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong harus menghadapi tidak tersedianya bek tengah Rizky Ridho dan Justin Hubner, yang merupakan pemain kunci dari tiga pemain belakang mereka, tulis AFC.

AFC jelas membuat kesalahan. Sebab, Justin Hubner dalam kondisi bugar dan sama sekali tidak terkena akumulasi kartu.

Konfederasi Sepakbola Asia itu mengira Justin Hubner absen karena telah mengantongi dua kartu kuning sehingga tak dapat tampil di laga nanti malam. Benar, di sepanjang Piala Asia U-23 2024 ini, Justin Hubner mengoleksi dua kartu kuning.

Kartu kuning pertama didapat ketika Timnas Indonesia U-23 menang 4-1 atas Yordania U-23 di matchday ketiga Grup C. selain itu, Justin Hubner juga terkena kartu kuning ketika skuad Garuda Muda tumbang 0-2 dari Uzbekistan U-23

Namun, kartu kuning yang diterima melawan Yordania U-23 sudah dihapus jelang laga kontra Uzbekistan U-23. Sebab, menurut regulasi, pemain yang mengoleksi satu kartu kuning bakal dihapuskan jelang laga semifinal Piala Asia U-23 2024.

Alhasil, Justin Hubner Saat ini baru mengoleksi satu kartu kuning dan siap tempur melawan Irak U-23. Ketersediaan Justin Hubner pun sudah dikonfirmasi asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto.

Topik Menarik