Bolehkah Pakai Obat Jerawat saat Tak Jerawatan?

Bolehkah Pakai Obat Jerawat saat Tak Jerawatan?

Terkini | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 17:06
share

JERAWAT membuat sebagian besar orang stress dan langsung memberikan obat jerawat untuk menghempas jerawat aktif tersebut. Namun masih banyak orang yang keliru dalam menggunakan obat jerawat.

Dokter Dermatologi dan Venereologi dr. Ricky F. Maharis, Sp.DVE mengungkap cara pemakaian obat jerawat membuat cara kerja obat jerawat menjadi tidak efektif lho. Pasalnya, banyak obat jerawat justru hanya dipakai kadang-kadang saja ketika muncul jerawat.

“Kalau diberikan obat jerawat dari dokter kulit dan obatnya kadang dipakai, kadang enggak, itu tidak efektif untuk menyembuhkan jerawat,” kata dr. Ricky, dikutip dari unggahan Instagram @rickymaharis.

Dr. Ricky menjelaskan khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit acne prone skin atau kulit berjerawat, maka obat jerawat harus digunakan secara rutin. Walaupun kulit Anda sudah tidak berjerawat, Anda tetap disarankan untuk menggunakan obat jerawat tersebut. Hal ini karena obat jerawat bisa menghindari pertumbuhan jerawat di kemudian hari.

“Obat jerawat itu dipakai terus-terusan, walaupun Anda lagi tidak berjerawat. Itu kalau memang kulit Anda acne prone. Obat-obat jerawat ini bisa menekan pertumbuhan dari jerawatnya dan tidak tumbuh jerawat lagi,” sambungnya.

Dr. Ricky menyatakan, penggunaan obat jerawat bisa terus konsisten diaplikasikan hingga usia cukup dewasa bahkan hingga tua. Sebab, semakin bertambahnya usia, maka akan semakin tua kelenjar minyak dalam kulit. Sehingga kelenjar minyak tidak lagi memproduksi minyak berlebih yang bisa memicu kemunculan jerawat di kulit.

“Sampai kapan sih? Saat usia cukup dewasa dan terus bertambah tua, karena semakin tua kelenjar minyak sudah tidak menghasilkan terlalu banyak minyak dan akhirnya pertumbuhan jerawat pun berhenti sendiri,” pungkas dr. Ricky.

Topik Menarik