Begini Suasana Jumat Agung di Gereja Immanuel Jakarta

Begini Suasana Jumat Agung di Gereja Immanuel Jakarta

Nasional | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:33
share

JAKARTA - Pelaksanaan Jumat Agung di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Jakarta berlangsung khidmat. Sejumlah jemaat mulai mendatangi gereja untuk melakukan ibadah.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto juga sempat meninjau jalannya ibadah Jumat Agung.

"Saudara-saudari jemaat Gereja Immanuel, hari ini kita merayakan Tri Hari Suci Paskah yang pada hari ini jatuh adalah kita memperingati Jumat Agung, dari rangkaian kegiatan Jumat Agung ini tidak terlepas dari kegiatan Kamis Putih, Sabtu Sunyi dan puncaknya nanti adalah Minggu Paskah," kata Hadi saat menyampaikan sambutan di dalam gereja usai prosesi perjamuan kudus, Jumat (29/3/2024).

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan, para jemaat nampak khusyuk dalam beribadah. Hal ini, kata Hadi, menjadi salah satu fokus utama pemerintah, untuk menjamin jalannya ibadah umat beragama.

"Semoga pelaksanaan ibadah ini bisa terlaksana dengan aman tertib dan memberikan hikmah, kepada yang merayakan. Saya juga berharap juga bahwa umat Nasrani di seluruh Indonesia juga dapat melaksanakan ibadah dengan situasi yang kondusif dan diikuti dengan rasa aman damai dan khusyuk," ucapnya.

Bahkan, untuk memastikan kelancaran ibadah tersebut, Hadi menegaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan lembaga dan stakeholder terkait.

"Sebelumnya kami juga melaksanakan rapat koordinasi dengan jajaran terkait khususnya bidang keamanan TNI, Polri, Densus 88 dan Badan Intelijen Negara agar pelaksanaan ibadah tri hari suci ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.

Hingga pukul 19.00 WIB, para jemaat yang hendak beribadah masih terus berdatangan, tidak sedikit dari mereka datang ke gereja bersama keluarganya.

Topik Menarik