Gempa M4,7 Guncang Boalemo Gorontalo, Begini Analisis BMKG

Gempa M4,7 Guncang Boalemo Gorontalo, Begini Analisis BMKG

Nasional | okezone | Sabtu, 27 April 2024 - 13:14
share

JAKARTA - Gempa dengan kekuatan M4,7 mengguncang Boalemo Gorontalo, Sabtu, 27 April 2024 pukul 13:07:08 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.57 LU dan 122.35 BT, atau tepatnya berlokasi 4 km TimurLaut BOALEMO-GORONTALO pada kedalaman 63 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Sulawesi Utara," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya dalam keterangan resminya.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Boalemo dengan intensitas III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), dirasakan di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.), dirasakan di Kota Gorontalo dan Pohuwato dengan intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Topik Menarik