Tips Puasa Tanpa Sahur Agar Tubuh Tetap Bugar

Tips Puasa Tanpa Sahur Agar Tubuh Tetap Bugar

Nasional | bantennews.co.id | Rabu, 6 April 2022 - 03:35
share

SERANG-Sebelum melakukan ibadah puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk makan sahur di sepertiga malam. Waktu sahur ini berakhir saat suara azan subuh berkumandang. Lalu bagaimana jika tidak sahur? Berikut tips puasa tanpa sahur yang diambil dari berbagai sumber.

Sebelumnya, perlu diketahui tentanghukumorang yang menjalani puasa tanpa sahur, agar kalian tidak bertanya-tanya apakah puasanya sah atau tidak.

Makan sahur bersifat sunah, bukan wajib sehingga orang yang tidak sahur, puasanya tetap sah. Hanya saja, makan sahur dianjurkan oleh Rasulullah.

Nabi SAW pernah ditanya, Malam apa yang paling didengar (doanya)? Sepertiga terakhir malam, tegas Nabi SAW. Dalam hadits lain, Nabi SAW berkata, "Mengakhirkan sahur ialah bagian dari fitrah."

Menurut Abu Bakar Al Kalabazi dalam kitab Bahrul Fawaid, waktu sahur yang tepat di sini ialah mengerjakannya di sepertiga terakhir malam. Pada waktu itu juga doa, ampunan, dan hajat dikabulkan Allah SWT. Lantas, apa saja tips puasa tanpa sahur? Simak ulasannya berikut ini.

Setelah mengetahui hukum puasa tanpa sahur, sekarang mari kita simak tips puasa tanpa sahur agar tubuh tetap bugar hingga waktu berbuka tiba seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Hindari Tempat Panas

Berpuasa membuat tubuh kita rentan dehidrasi sehingga merasa mudah haus. Sebaknya, hindari tempat panas agar tubuh tak cepat kekurangan cairan.

2. Tidur Secukupnya

Berpuasa tanpa sahur tentunya lebih menantang dan membuat tubuh mudah lelah. Sebaiknya hindari pekerjaan berat dan perbanyak istirahat. Tidur siang secukupnya sangat disarankan agar tubuh lebih hemat energi.

3. Mengalihkan dengan Kesibukan

Ketika berpuasa, kita kerap merasa waktu berjalan lebih lama dari biasanya. Sebaiknya alihkan perhatian dengan mencari kesibukan seperti baca buku atau mendengarkan lagu.

4. Perbanyak beribadah

Selain itu, kalian juga bisa mengalihkan perhatian dengan memperbanyak ibadah dan membaca Al Quran. Selain mengisi waktu luang, amalan kita juga bertambah di bulan Ramadhan.

5. Mandi Air Dingin

Menurut penelitianBehavioral and Brain Function Journal,mandi air dingin membuat tubuh lebih segar dan tak mudah lemas. Mengingat manfaat ini, membilas badan dengan air dingin disarankan agar tubuh bugar meski puasa tanpa sahur.

Itulah deretantips puasa tanpa sahur.Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

(Red)

Topik Menarik