Mensos Sebut Kekuatan Desain Kemasan Produk Mampu Meningkatkan Harga Jual

Mensos Sebut Kekuatan Desain Kemasan Produk Mampu Meningkatkan Harga Jual

Terkini | mnctrijaya | Sabtu, 27 April 2024 - 13:13
share

JAKARTA Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan kekuatan desain kemasan atau packaging mampu mempengaruhi daya tarik konsumen sehingga meningkatkan harga jual. Karena itulah Kementerian Sosial memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan harga jual produk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) yang dibina Kementerian Sosial melalui desain kemasan.

Kekuatan produk yang dijual bukan hanya tergantung pada rasanya yang enak, tetapi juga pada desain kemasannya. Desain kemasan yang bagus, akan menambah nilai produk, kata Mensos Risma di hadapan para desainer muda yang mengikuti Tatarupa Designer Summit 2024 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial di Jakarta Jumat (26/4). Tatarupa Desaigner Summit 2024 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para desainer muda berkumpul, berjejaring dan berkolaborasi dalam melakukan rebranding kemasan berbagai produk penerima manfaat Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).

PENA adalah upaya Kemensos dalam pengentasan kemiskinan masyarakat. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PENA selain mendapat modal berupa alat-alat produksi dan bahan bakunya, juga mendapat pelatihan dan pendampingan terus menerus dalam memproduksi, membuat desain kemasan, mem-branding serta akses pemasaran secara langsung dan online untuk pengembangan usahanya. Per Maret 2024 Kementerian Sosial telah mengraduasi 21.333 KPM PENA di seluruh Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada para desainer muda yang tergabung dalam Tatarupa Nusantara dan sebelumnya telah melakukan rebranding serta pengemasan produk-produk penerima manfaat PENA. Rebranding kemasan tersebut telah dilakukan terhadap 384 penerima manfaat (PM) PENA di wilayah Jabodetabek. Terima kasih atas support para mahasiswa dari 12 perguruan tinggi yang telah membuat desain-desain produk yang kreatif dan menarik, kata Mensos Tri Rismaharini.

Pada kesempatan tersebut Mensos Risma juga menyerahkan penghargaan kepada 175 desainer muda dari 12 perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Tatarupa Nusantara berupa piagam. Melihat keberhasilan Tatarupa Nusantara dalam melakukan branding dan packaging, tahun 2024 ini Tatarupa Nunantara akan menata ulang kemasan bagi 1.000 penerima manfaat PENA di seluruh Indonesia. Kemensos akan terus mendorong para penerima manfaat binaan PENA untuk berlatih dan berinovasi agar produk-produknya lebih menarik dan naik kelas sehingga memiliki pangsa pasar yang lebih luas.

Topik Menarik