Komplotan Curanmor Gunakan Mobil Rental di Simalungun Ditangkap, Begini Modusnya

Komplotan Curanmor Gunakan Mobil Rental di Simalungun Ditangkap, Begini Modusnya

Terkini | medan.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 08:10
share

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Polisi menangkap komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menggunakan mobil rental di kawasan Rawang, Kecamatan Panei Tongah, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (24/4/2024). Keempat pelaku berinisial WH (31), RAR (26), FNS (23), dan SH (20).

Komplotan curanmor itu diringkus pihak kepolisian atas kasus pencurian sepeda motor milik Anto Santoso (52) di Jalan Saribu Dolok, Dusun Sihapalan, Kampung Marihat Raya, Nagori Raya Huluan, Kecamatan Dolok Masagal, Kabupaten Simalungun, pada Senin (22/04/2024) sekira pukul 12:00 WIB.

Kronologi aksi pencurian bermula saat Anto Santoso memarkirkan motor miliknya di halaman rumahnya. Lalu, para tersangka datang menggunakan mobil dan parkir di belakang kediaman Anto Santoso.

"Modus yang digunakan para pelaku adalah berpura-pura masuk ke pekarangan rumah korban sebelum membawa kabur sepeda motor tersebut ke dalam mobil," ujar Kasatreskrim Polres Simalungun, AKP Ghulam Yanuar Lutfi, melalui Kanit Jatanras, Ipda Sugeng Suratman.

Atas hal itu, sambung Sugeng Suratman, korban bernama Syamsianto (57) langsung membuat laporan kehilangan ke Polsek Raya. Lalu, laporan itu langsung ditindaklanjuti oleh Polres Simalungun bersama Polsek Raya dan Polsek Panei Tongah.

"Para tersangka sudah diamankan di Satreskrim Polres Simalungun untuk dilakukan pemeriksaan serta proses hukum selanjutnya. Di mana, petugas tengah melakukan proses hukum untuk melengkapi berkas perkara (mindik), melakukan pemberkasan, dan mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SP2HP) kepada pelapor," ungkap Sugeng Suratman.

Lebih lanjut, Sugeng Suratman menegaskan bahwa pengungkapan kasus ini menjadi salah satu bukti keseriusan Polres Simalungun dalam menanggulangi tindak pidana pencurian.

"Hal ini juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban," pungkas Sugeng Suratman.

Topik Menarik