Thom Haye Starter saat SC Heerenveen Vs Raksasa Belanda PSV Eindhoven

Thom Haye Starter saat SC Heerenveen Vs Raksasa Belanda PSV Eindhoven

Berita Utama | inews | Kamis, 25 April 2024 - 01:15
share

HEERENVEEN, iNews.id - Gelandang Timnas Indonesia Thom Haye starter saat Heerenveen Vs PSV Eindhoven. Kedua tim bentrok pada matchday ke-31 Eredivisie atau liga kasta teratas Belanda di Abe Lenstra Stadium, Kamis (25/4/2024) malam WIB.

Tentu ini bakal mencuri perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Saat ini PSV Eindhoven berstatus sebagai pemuncak klasemen Liga Belanda.

Mereka mengemas 81 poin dari 30 pertandingan. Sedangkan Haye dan kolega bertengger di tangga ke-10 dengan 36 poin.

Pelatih Heerenveen Kees van Wonderen mengandalkan Haye sebagai jangkar untuk menjaga kedalaman permainan saat melawan PSV. Dia akan berduet dengan Luuk Brouwers dalam formasi, 4-2-3-1.

Haye memang selalu menjadi andalan di lini tengah Heerenveen. Transfermarkt mencatat dirinya sudah bermain 28 kali di Liga Belanda dan membuat empat gol dan tiga assist.

Heerenveen sejatinya punya satu pemain lagi yang berdarah Indonesia yakni Nathan Tjoe-A-On. Namun Pelatih Van Wonderen rela melepasnya ke Timnas Indonesia yang sedang beraksi di Piala Asia U-23 2024.

“Kami sebenarnya harus mendapatkan satu poin atau lebih melawan PSV agar punya peluang lolos ke babak play-off sepak bola Eropa,” kata Kees van Wonderen dikutip dari Fean Online, Kamis (25/4/2024).

"Ini pertandingan penting. Itu berlaku bagi PSV, tapi juga bagi kami. Kami ingin menjadikan ini pertarungan sepak bola, di mana kami bisa mengimbangi banyak hal dengan semangat tim," tuturnya.

“Kami mendatangkan Nathan selama liburan musim dingin karena kami ingin bala bantuan di belakang Mats Kohlert di posisi itu (bek kiri),” jelasnya.

Van Wonderen mengambil keputusan dengan memberikan izin Nathan Tjoe-A-On untuk bermain bersama Timnas Indonesia U-23. Menurutnya Nathan Tjoe-A-On bisa mendapatkan kesempatan bermain dibandingkan hanya duduk dibangku cadangan saat SC Heerenveen menghadapi PSV.

"Di sisi lain kita tidak bisa membayangkan betapa besarnya sepak bola dan turnamen di negara itu (Indonesia). Mungkin Nathan berada di bangku cadangan bersama kami selama 90 menit melawan PSV, sementara dia bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa di Indonesia. Itulah pertimbangan yang kami buat", ucapnya.

Topik Menarik