Makam Filsuf Yunani Kuno Plato Ditemukan, Terungkap berkat AI 

Makam Filsuf Yunani Kuno Plato Ditemukan, Terungkap berkat AI 

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 17:01
share

JAKARTA, iNews.id - Peneliti Italia mengklaim menemukan tempat pemakaman filsuf Yunani Plato yang telah lama hilang. Ternyata lokasi ini terungkap dari gulungan papirus yang hangus. 

Peneliti Italia Graziano Ranocchia menggunakan AI untuk menguraikan gulungan Herculaneum, papirus hangus yang ditemukan terkubur oleh letusan Gunung Vesuvius pada 79AD. Ini mengungkapkan teks baru yang menunjukkan lokasi persis pemakaman di Athena. 

Analisis menunjukkan Plato dimakamkan di The Academy, sekolah terkenal yang didirikan sang filsuf pada 387 SM di dekat Museion. Renocchia dan timnya menemukan 1.000 kata, setara dengan 30 persen teks menggunakan bionic eye dan mereka yakin akan menganalisis papirus tersebut secara menyeluruh pada 2026. 

“Dibandingkan edisi sebelumnya, kini ada teks yang hampir berubah secara radikal, menyiratkan sejumlah fakta baru dan konkret tentang berbagai filsuf akademis,” kata Ranocchia dalam sebuah pernyataan.

Menariknya, kata Ranocchia, dia membaca Plato dimakamkan di taman yang disediakan untuknya (area pribadi yang ditujukan untuk sekolah Platonis) di Akademi di Athena, dekat tempat yang disebut Museion atau sacellum yang dikeramatkan bagi Muses.

"Sampai saat ini baru diketahui kalau dia dimakamkan secara umum di The Academy," tuturnya sebagaimana dikutip dari DailyMail.

Plato adalah filsuf Yunani terbesar. Dengan mentornya Socrates, dan muridnya Aristoteles, dia meletakkan dasar-dasar filsuf dan sains Barat.

Topik Menarik