Wapres Prediksi Penduduk Dunia Capai 9 Miliar dalam 2 Dekade, Tantangan Semakin Berat

Wapres Prediksi Penduduk Dunia Capai 9 Miliar dalam 2 Dekade, Tantangan Semakin Berat

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 15:40
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memprediksi penduduk dunia akan mencapai 9 miliar dalam dua dekade mendatang. Jumlah itu membuat tantangan seperti pemanasan global hingga perubahan geopolitik semakin berat.

“Dalam dua dekade mendatang, penduduk dunia diperkirakan akan mencapai lebih dari 9 miliar jiwa. Kondisi ini tidak hanya dibarengi dengan peningkatan jumlah penduduk usia lanjut, tetapi juga urbanisasi dan arus migrasi,” kata Wapres saat menghadiri Rakernas BKKBN, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Di sisi lain, kata dia, sumber daya alam semakin terbatas, berbanding terbalik dengan kebutuhan penduduk yang semakin meningkat.

“Tantangan lainnya mencakup pemanasan global, tren perkembangan teknologi, dan perubahan geopolitik,” ujarnya.

Ma'ruf Amin mengingatkan tanggung jawab bersama untuk mengawal kebijakan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Dia mengatakan dengan jumlah penduduk usia produktif diproyeksikan mendekati 70 persen dari total populasi, maka modal besar menuju Indonesia Emas 2045 sudah dikantongi.

Hanya saja, menurut dia, pekerjaan rumah selanjutnya adalah memastikan potensi bonus demografi ini bisa terkelola dengan baik. 

“Apalagi, dihadapkan dengan dinamika dan beragam tantangan dunia yang harus kita antisipasi, strategi dan kebijakan pembangunan manusia yang tepat dan komprehensif menjadi semakin krusial,” katanya.

Dia berharap Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting dapat menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang bisa menjawab berbagai tantangan.

Dia mengatakan upaya ini diharapkan dapat menghadirkan generasi penerus bangsa yang sehat, unggul, berdaya saing, serta terdepan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Program ini harus responsif dan adaptif terhadap kebutuhan sumber daya manusia.

“Harapannya, program ini mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun keluarga dan masyarakat Indonesia yang sehat, terdidik, berakhlak, makmur, dan sejahtera,” tutur dia.

Topik Menarik