Negara Bagian di AS Ini Sahkan UU Guru Boleh Bawa Senjata Api ke Sekolah

Negara Bagian di AS Ini Sahkan UU Guru Boleh Bawa Senjata Api ke Sekolah

Berita Utama | inews | Rabu, 24 April 2024 - 09:16
share

WASHINGTON, iNews.id - Parlemen Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat, Selasa (23/4/2024), mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang membolehkan guru dan staf membawa senjata api ke sekolah. Pengesahan ini dilakukan di tengah meningkatnya kasus penembakan di sekolah-sekolah negara bagian tersebut.

RUU disetujui oleh DPRD Tennessee, dikuasai oleh Partai Republik, dengan mendapat dukungan 68 legislator melawan 28 yang menolak. Senat Tennessee sudah lebih dulu mengesahkan RUU tersebut pada awal April.

Berdasarkan UU tersebut, guru atau staf sekolah harus mendapat izin dari kepala sekolah untuk membawa senjata dengan sepengetahuan kepolisian setempat. Identitas mereka yang mendapat izin membawa senjata api tidak akan dipublikasikan. 

Selain itu, guru dan staf yang membawa pistol ke sekolah harus sudah menjalani latihan dari kepolisian setidaknya 40 jam. Biaya pelatihan, beserta senjata api, ditanggung oleh individu.

Pengesahan RUU ditentang banyak kalangan, termasuk Partai Demokrat. Perdebatan sengit mengeni perlu atau tidaknya UU tersebut sudah berlangsung beberapa bulan terakhir. Para legislator Partai Demokrat bahkan memimpin demonstrasi pada tahun lalu yang menyebabkan mereka diusir dari gedung parlemen.

“Ini adalah hari yang buruk bagi Tennessee, anak-anak kita, guru-guru kita, dan masyarakat. Alih-alih melindungi anak-anak, mereka malah melindungi senjata lagi,” kata legislator DPRR Tennessee, Justin Pearson, dikutip dari Reuters, Rabu (24/4/2024). 

Politisi Partai Republik serta kelompok konservatif terus mendorong agar guru dipersenjatai sebagai respons atas banyaknya penembakan di sekolah selama 25 tahun terakhir. Mereka berpandangan guru yang dipersenjatai bisa mencegah penembakan di sekolah. 

Para pengkritik berpandangan, keberadaan senjata di sekolah justru akan meningkatkan kasus penembakan. Tak ada jaminan guru tak menggunakan senjata tersebut.

Tennessee bukan yang pertama. Data Giffords Law Center, kelompok pemerhati keamanan senjata, mengungkap sekitar setengah dari seluruh negara bagian di AS mengizinkan guru atau staf sekolah membawa senjata api.

Topik Menarik