Terungkap! Ini Isi Percakapan Erick Thohir dan Kiper Inter Milan Emil Audero

Terungkap! Ini Isi Percakapan Erick Thohir dan Kiper Inter Milan Emil Audero

Olahraga | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 19:00
share

JAKARTA, iNews.id - Isi percakapan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan kiper Inter Milan Emil Audero akhirnya terungkap. Dia mengatakan pihaknya terbuka jika memang sang penjaga gawang minat dinaturalisasi.

Erick Thohir sempat mengejutkan penggemar Timnas Indonesia beberapa hari lalu. Sebab, dia berfoto dan berjabat tangan dengan Emil Audero.

Hal tersebut pun membuat netizen berspekulasi kiper Italia keturunan Lombok Indonesia itu akan menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Pasalnya, Erick Thohir sempat mengatakan jika sudah berfoto dan berjabat tangan mendatang pemain tersebut akan dinaturalisasi.

Sementara Erick Thohir mengatakan PSSI terbuka dan tak ada pemaksaan untuk para pemain keturunan Indonesia mau membela tanah kelahiran nenek moyang mereka.

"Sama seperti Emil Audero, saya berbicara kita tetap terbuka, tapi kita tidak mau istilahnya memaksakan. Karena seperti yang teman-teman tanyakan, Justin Hubner mendarat, langsung main. Nathan Tjoe-A-On datang, langsung main, artinya tidak ada pemaksaan. Mereka langsung main, dengan risiko cedera, tetapi mereka ingin membela merah-putih, itu yang kita harapkan," kata Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Emil Audero memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Lombok Nusa Tenggara Barat dan ibunya dari Italia. Meski lahir di Mataram, tetapi kiper bertinggi 192 cm itu berpaspor Italia.

Selain itu, Erick Thohir menegaskan PSSI tak pernah membayar pemain keturunan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia memastikan semua pemain keturunan yang ada benar-benar ingin membela Timnas Indonesia.

"Silakan cek para pemain yang ada di Timnas Indonesia, jangan ada stigma pemain bayaran. Mereka semua mau bela merah-putih. Bisa disaksikan di administrasi PSSI tidak ada bayar-bayaran, semua transparan dan semua ingin membela merah-putih," ucapnya.

Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen merupakan pemain keturunan yang resmi membela Timnas Indonesia. Selain itu, PSSI sedang merampungkan proses naturalisasi Maarten Paes.

Topik Menarik