Uniqlo Buka Toko Pertama di Cirebon, Gandeng UMKM Dorong Ekonomi dengan Cara Ini

Uniqlo Buka Toko Pertama di Cirebon, Gandeng UMKM Dorong Ekonomi dengan Cara Ini

Ekonomi | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 21:46
share

CIREBON, iNews.id - Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, Uniqlo resmi membuka toko pertamanya di Cirebon pada hari ini, Jumat (29/3/2024) di lantai Lower Ground (LG) Cirebon Super Block (CSB) Mall. Menariknya, Uniqlo turut menggandeng UMKM.

Menurut President Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) Naoki Kamogawa, toko ini merupakan toko ke-70 Uniqlo yang buka di Indonesia. Hal ini juga menjadi bukti komitmen Uniqlo untuk mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat, khususnya di Cirebon.

“Pembukaan toko ke-70 Uniqlo di Indonesia ini juga merupakan komitmen kami untuk bisa lebih dekat lagi dengan para pelanggan. Kami juga telah menyiapkan berbagai penawaran menarik yang bisa dimanfaatkan sebagai wujud apresiasi kami kepada para pecinta LifeWear di Cirebon dan sekitarnya,” ujar Kamogawa.

Corporate Affairs Director Uniqlo, Irma Yunita  mengatakan, pada dasarnya rencana pembukaan toko Uniqlo di Cirebon telah ada sejak sebelum pandemi. Namun, hal ini baru terealisasi sekarang.

Dia menilai Cirebon memiliki potensi ekonomi yang baik. Hal ini melihat dari lokasinya yang menjadi destinasi wisata hingga kuliner, serta permintaan masyarakat.

“Karena potensi destinasi wisata, kuliner. Juga voice of costumer bilang kapan buka di Cirebon karena mereka harus datang dulu ke Bandung atau Jakarta,” katanya.

Menariknya, tak hanya deretan koleksi LifeWear dan berbagai penawaran spesial, Uniqlo CSB Mall juga menggandeng UMKM dengan berkomitmen memajukan UKM lokal. Hal ini dilakukan dengan program UKM Neighborhood (#CIREBON NEIGHBORHOOD) yang menyediakan area khusus untuk menampilkan karya UMKM agar bisa diapresiasi oleh lebih banyak orang.

Terdapat enam UKM yang terpilih yang terdiri atas produk-produk khas Cirebon seperti kerajinan kayu untuk dekorasi rumah, tas anyaman ramah lingkungan, kerajinan dari kain ecoprint, kain batik dan kerajinan bermotif Mega Mendung khas Cirebon, serta produk aksesori dan tas etnik dari kain batik, dan sebagainya.

Pemilihan UKM dan produk yang ditampilkan telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh Uniqlo bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kota Cirebon, dan Dewan Kerajinan Nasional Kota Cirebon, hal ini dilakukan guna memberikan kesempatan lebih banyak bagi UKM lainnya untuk dapat turut berpartisipasi dalam program yang sama.

Hal ini diharapkan mampu membantu memajukan perekonomian daerah dan juga mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM lokal di kancah global.

Pembukaan dilakukan dengan pemotongan pita oleh Naoki Kamogawa yang didampingi oleh Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi, Store Manager Uniqlo CSB Mall Aisha Rana, CEO NWP Property Alphonsus Widjaja dan pelanggan pertama Uniqlo CSB Mall.

Selama periode pembukaan pada 29 sampai 31 Maret 2024, Uniqlo CSB menyiapkan banyak promo yang menarik untuk pelanggannya, seperti penawaran spesial serta harga khusus untuk koleksi tertentu sebagai wujud apresiasi kami kepada para pecinta LifeWear di Cirebon dan sekitarnya.

Selain itu, pelanggan dengan pembelian belanja minimal Rp500.000 akan mendapatkan Exclusive Thermal Tumbler terbatas, berlaku kelipatan dan selama persediaan masih ada. Adapun promo untuk pelanggan yang baru mengunduh dan menggunakan Uniqlo App di ponselnya akan mendapatkan Welcome Coupon senilai Rp25.000. 

Dalam rangka bulan Ramadan juga, khusus periode ini Uniqlo memberikan makanan & minuman gratis kepada pelanggan dimulai pada pukul 16.00 WIB, berlaku untuk pembelanjaan berapa saja dan selama persediaan masih ada. Masih ada lagi, bagi pelanggan dengan pembelanjaan senilai Rp250.000 akan mendapatkan voucher GrabFood senilai Rp50.000, berlaku untuk 600 pelanggan di periode ini.

Topik Menarik