Presiden Prancis Macron Setuju Undang Vladimir Putin ke KTT G20, tapi...

Presiden Prancis Macron Setuju Undang Vladimir Putin ke KTT G20, tapi...

Terkini | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 15:12
share

BRASILIA, iNews.id - Presiden Prancis Emmanuel Macron setuju KTT G20 yang akan berlangsung di Brasil pada November tahun ini mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia menilai jika kehadiran Putin bermanfaat untuk KTT, maka harus diundang.

Putin tak hadir dalam dua kali KTT G20 yakni di Indonesia pada 2022 dan India setahun kemudian. Ketidakhadirannya bukan karena tak diundang, melainkan tidak bersedia datang masih terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Meski demikian, Macron menegaskan mengundang Putin ke KTT G20 sebaiknya melalui persetujuan dari para anggota G20.

Ini akan menjadi tugas berat bagi Brasil untuk melobi semua negara dan organisasi internasional yang menjadi anggota agar menyetujui kehadiran Putin. Hak untuk mengundang setiap anggota G20 berada di tangan negara penyelenggara.

"Ini akan menjadi tugas diplomasi Brasil, kata Macron, saat konferensi pers bersama Presiden Luiz Inacio Lula da Silva di Brasilia, dikutip dari AFP, Jumat (29/3/2024).

Jika pertemuan dengan Putin bermanfaat, kata Macron, maka itu harus dilakukan.

Brasil, yang tahun ini memegang keketuaan G20, menentang upaya yang dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk mengisolasi dan menghukum Rusia atas invasi ke Ukraina.

Rusia hanya diwakilkan Menlu Sergei Lavrov dalam KTT G20 di Indonesia dan India. Putin tak menghindari kedua pertemuan itu untuk menghindari potensi penghinaan politik di hadapan para pemimpin dunia.

Topik Menarik