7 Contoh Kata Sambutan Acara Buka Puasa Bersama

7 Contoh Kata Sambutan Acara Buka Puasa Bersama

Terkini | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 06:33
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh kata sambutan acara buka puasa bersama berikut ini bisa jadi referensi. Buka bersama biasa dilakukan di bulan Ramadhan oleh kaum Muslim.

Tak hanya membatalkan puasa bersama sama, bukber juga menjadi waktu yang tepat untuk merekatkan tali silaturahmi. Adapun, kegiatan ini biasanya dilakukan di berbagai tempat, seperti rumah, kantor, masjid, dan restoran.

Seperti acara pada umumnya, kegiatan buka bersama perlu adanya kata sambutan yang disampaikan ketua panitia. Dengan tujuan agar para undangan mengetahui maksud dan tujuan acara.

Nah, bagi kamu yang belum menemukan inspirasi mengenai contoh kata sambutan acara buka puasa bersama, berikut iNews.id akan tampilkan informasinya dikutip dari berbagai sumber, Rabu (27/3/2024).

Contoh Kata Sambutan Acara Buka Puasa Bersama

1. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 1

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Alhamdulillah kita panjatkan segala puji dan syukur kepada Allah SWT karena telah memberi kesempatan untuk kita semua bisa berkumpul bersama keluarga besar di acara buka bersama tahun ini.

Saudara-saudaraku, puasa menguji kesabaran kita dan buka puasa memberikan kita berkah yang luar biasa. Aku berharap Allah SWT menerima semua puasa kita dan membalas dengan menjawab doa-doa kita, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Selamat berbuka puasa semuanya, semoga segala amal kebaikan kita selama menjalani ibadah ini dilipatgandakan oleh Allah SWT. Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 2

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asyrofil ambiyai wal mursalin, waala alihi wasohbihi ajmain amma badu. Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian.

Terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat walafiat serta nikmat panjang umur, sehingga alhamdulillah kita bisa berkumpul di tempat ini untuk mengadakan pertemuan, menjalin silaturahmi, dan menjalankan ibadah, buka puasa bersama.

Pertama-tama, izinkan saya menyampaikan terima kasih pada rekan-rekan panitia, dan juga warga semua sehingga ajang rutin tahunan kita, buka puasa bersama, kembali dapat terselenggara dengan sangat baik.

Semoga kita dapat terus berkumpul dan kembali mengadakan pertemuan yang serupa di masa-masa yang akan datang, dan semoga ajang silaturahmi kita kali ini membawa berkah untuk kita semua.

Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh akan keberkahan dan pahala, maka semoga pertemuan kita pada hari ini dapat menambah pahala dan keberkahan yang kita dapat di bulan suci Ramadhan.

Tentunya kita semua tahu betul bahwa perintah puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang telah baligh. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam firman Allah yang berbunyi:

Y ayyuhallana man kutiba 'alaikumus-siymu kam kutiba 'alallana ming qablikum la'allakum tattaqn Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah: 183).

Melihat perintah ini tentunya sebagai umat Islam dengan penuh kesadaran tinggi dan hanya mengharapkan Ridha Allah semata. Puasa sendiri mengandung makna sebagai menahan diri dari segala hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga nanti ketika matahari terbenam.

Hal ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi: Uhilla lakum lailatas-siymir-rafau il nis`ikum, hunna libsul lakum wa antum libsul lahunn, 'alimallhu annakum kuntum takhtnna anfusakum fa tba 'alaikum wa 'af 'angkum, fal-na bsyirhunna wabtag m kataballhu lakum, wa kul wasyrab hatt yatabayyana lakumul-khaiul-abyau minal-khaiil-aswadi minal-fajr, umma atimmus-iyma ilal-lal, wa l tubsyirhunna wa antum 'kifna fil-masjid, tilka huddullhi fa l taqrabh, kalika yubayyinullhu ytih lin-nsi la'allahum yattaqn.

Artinya: "Dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam," (QS. Al-Baqarah: 187).

Hadirin muslimin dan muslimat yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. Saya kira kurang bijaksana rasanya jika saya lebih memperpanjang lagi sambutan yang saya sampaikan ini.

Bila terdapat banyak kekeliruan dalam sambutan ini saya mohon maaf. Dan tak lupa juga saya mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 3

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asyrofil ambiyai wal mursalin, waala alihi wasohbihi ajmain amma badu.

Teman-teman semua, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kesempatan untuk kita semua berkumpul di acara buka bersama puasa kali ini.

Waktu buka puasa adalah waktu yang dijanjikan Allah SWT untuk mengabulkan doa-doa kamu sebagai orang yang berpuasa. Semoga Ramadhan ini membawa kedamaian dan kebahagiaan untuk kita semua.

Selamat berbuka puasa semuanya, aku harap kita semua bisa terus menjalin silaturahmi bersama di Ramadhan selanjutnya. Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Marhaban ya Ramadhan! Alhamdulillah, kita telah sampai pada bulan yang penuh berkah ini. Saya merasa sangat bersyukur bisa berkumpul di sini dengan sahabat-sahabat sekalian untuk berbuka puasa bersama.

Mari kita nikmati hidangan yang telah disediakan dengan penuh syukur dan kebersamaan. Semoga bulan Ramadhan ini membawa keberkahan bagi kita semua dan semoga persahabatan kita terus terjaga dan semakin erat. Terima kasih atas kehadiran sahabat-sahabat semua, selamat berbuka puasa!

5. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 5

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat ...,

Yang terhormat para tamu undangan yang telah berkenan hadir, Dan yang saya hormati seluruh rekan-rekan sekalian. Marilah di acara buka bersama kali ini, kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. karena karunia-Nya kita semua masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat kesempatan, dan nikmat keimanan sehingga kita masih dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan di tahun ini dan melaksanakan acara buka bersama.

Tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. beserta dengan seluruh keluarga dan pada sahabatnya. Hadirin, muslimin wal muslimat yang dirahmati Allah.

Tentunya kita semua tahu betul bahwa perintah puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang telah baligh. Sedangkan, puasa mengandung makna sebagai menahan diri dari segala hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga nanti ketika matahari terbenam.

Sesuai firman Allah di QS. Al-Baqarah ayat 187 yang berbunyi: "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam."

Hadirin muslimin dan muslimat yang senantiasa dirahmati Allah Swt, Momen buka bersama ini tentu saja bukan hanya sekedar sebagai kegiatan makan-makan bersama saja, tapi marilah kita jadikan momen ini sebagai salah satu bentuk kegiatan ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang pada akhirnya nanti dapat menjadi sebuah kompensasi berupa pahala yang nantinya akan kita dapatkan.

Saya kira kurang bijaksana rasanya jika saya lebih memperpanjang lagi sambutan yang saya sampaikan ini. Dan bila terdapat banyak kekeliruan dalam sambutan ini, saya mohon maaf. Dan tak lupa juga saya mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 6

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para tetangga yang terhormat,

Dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur, kita berkumpul di sini untuk berbagi kebersamaan dalam tradisi berbuka puasa bersama di bulan yang penuh berkah ini.

Di tengah-tengah kesibukan kita sehari-hari, momen seperti ini menjadi berharga karena kita dapat mempererat tali silaturahmi dan memperkuat hubungan di antara kita sebagai tetangga.

Marilah kita gunakan waktu yang singkat ini untuk berdoa bersama, berbagi cerita, dan menikmati hidangan yang telah disediakan dengan penuh kebersamaan dan keikhlasan.

Semoga bulan Ramadhan ini memberikan berkah dan kebaikan bagi kita semua, serta mempererat hubungan yang sudah terjalin di antara kita.

Terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya. Selamat menikmati hidangan bersama.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

7. Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama 7

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Para rekan kerja yang terhormat,

Alhamdulillah, dengan rasa syukur yang mendalam, kita berkumpul di sini untuk menjalankan tradisi berbuka puasa bersama di lingkungan kerja kita.

Momen seperti ini memperkuat ikatan kebersamaan di antara kita dan memberi kesempatan untuk meningkatkan kerjasama serta solidaritas di tempat kerja.

Mari kita manfaatkan waktu ini untuk berbagi kebersamaan, mendoakan yang terbaik satu sama lain, dan menikmati hidangan dengan penuh kegembiraan.

Semoga bulan Ramadhan ini membawa berkah, kedamaian, dan kebahagiaan bagi kita semua, serta mempererat hubungan profesional dan pribadi di antara kita di lingkungan kantor ini.

Terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya. Selamat menikmati hidangan bersama.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah ulasan mengenai contoh kata sambutan acara buka puasa bersama. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik