Laba MNC Bank Melesat 48,4 Persen Sepanjang 2023 Jadi Rp77,92 Miliar

Laba MNC Bank Melesat 48,4 Persen Sepanjang 2023 Jadi Rp77,92 Miliar

Ekonomi | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 16:00
share

JAKARTA, iNews.id - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT) berhasil meningkatkan laba bersih sebesar 48,4 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp77,92 miliar pada 2023 dari tahun lalu Rp52,50 miliar.

Selain didorong oleh kinerja Perseroan yang menguat, pertumbuhan laba bersih tersebut juga merupakan hasil upaya MNC Bank yang terus adaptif dalam merespon perkembangan zaman.

Dari sisi fungsi intermediasi, penyaluran kredit MNC Bank tercatat meningkat menjadi Rp10,25 triliun pada 2023, diikuti dengan pertumbuhan pendapatan bunga sebesar 13,75 persen yoy menjadi Rp1,31 triliun, dibandingkan 2022 sebesar Rp1,15 triliun. 

Sampai dengan akhir Desember 2023, Dana Pihak Ketiga (DPK) MNC Bank tumbuh 1,88 persen yoy menjadi Rp13,4 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp13,15 triliun di 2022. Komposisi DPK masih didominasi produk deposito berjangka dengan kontribusi sebesar 78,13 persen. Pencapaian tersebut menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BABP, disertai dengan suku bunga bersaing yang ditawarkan Perseroan. 

Seiring dengan kenaikan DPK dan penguatan di sisi permodalan, aset MNC Bank juga meningkat sebesar 7,62 persen yoy, dari Rp16,86 triliun di 2022 menjadi Rp18,15 triliun pada 2023.

Dengan senantiasa mengutamakan prinsip prudential banking, rasio keuangan MNC Bank terjaga stabil sepanjang 2023. Hal ini ditandai dengan NPL Gross dan NPL Nett yang masing-masing tercatat pada level 3,96 persen dan 2,63 persen. Selain itu, Return on Equity (ROE) dan Return on Asset (ROA) pada 2023 tercatat masing-masing sebesar 2,50 persen dan 0,71 persen. 

Loan to Deposit Ratio (LDR) MNC Bank pada 2023 tercatat sebesar 75,68 persen. Sedangkan Net Interest Margin (NIM) Perseroan tercatat sebesar 4,15 persen pada 2023, lebih rendah dari tahun sebelumnya yaitu 4,95 persen, akibat kenaikan suku bunga simpanan seiring dengan kenaikan suku bunga acuan dari Bank Indonesia di 2023.

Presiden Direktur MNC Bank, Rita Montagna menyampaikan terima kasih kepada seluruh nasabah, karyawan, dan regulator atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan kepada MNC Bank. 

“Pertumbuhan kinerja MNC Bank mencerminkan komitmen kami untuk memperkuat operasional dan terus memberikan layanan keuangan terbaik kepada masyarakat. Meskipun menghadapi tantangan eksternal seperti fluktuasi suku bunga, kami yakin langkah-langkah strategis yang telah disiapkan akan semakin memperkuat posisi kami di pasar, sehingga dapat melanjutkan tren positif ini dengan pertumbuhan jangka panjang,” ucap Rita.

Untuk meningkatkan inklusi keuangan dan memungkinkan partisipasi yang lebih luas dalam ekonomi digital, MNC Bank diperkuat dengan solusi layanan perbankan digitalnya. Pada 2023, Perseroan telah melakukan rebranding aplikasi MotionBanking menjadi MotionBank. Hal ini dilakukan untuk memperkuat citra MotionBank sebagai aplikasi layanan perbankan digital dengan segala kenyamanan yang ditawarkan.

Perubahan nama ini akan mempermudah para pengguna untuk mengingat dan menjadikannya sebagai top of mind, serta mendorong pengguna untuk aktif melakukan beragam aktivitas perbankan kapan pun di mana pun menggunakan MotionBank.

Dari sisi operasional, total nilai transaksi perbankan digital menggunakan aplikasi MotionBank melesat hingga 36 persen yoy pada 2023, diiringi dengan pertumbuhan jumlah transaksi dan jumlah pengguna MotionBank yang masing-masing meningkat sebesar 25 persen dan 10 persen dibandingkan dengan data per Desember 2022.

Di tahun 2023, MotionBank juga merilis 3 fitur baru, yakni pengajuan kartu kredit online, menu Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank, dan transfer dana menggunakan nomor handphone. MNC Bank juga berhasil meraih sertifikasi ISO 27001:2013 terkait Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dalam upaya menjaga keamanan informasi internal pada aspek kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi pada produk dan layanan digitalnya, termasuk MotionBank. 

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC.

Topik Menarik