Tandingi Manuver AS-Filipina, China Kerahkan Kapal Perang Terkuat ke Laut China Selatan

Tandingi Manuver AS-Filipina, China Kerahkan Kapal Perang Terkuat ke Laut China Selatan

Global | sindonews | Senin, 13 Mei 2024 - 09:59
share

China mengerahkan sejumlah kapal perang, termasuk yang terkuat, ke Laut China Selatan untuk latihan anti-rudal dan anti-kapal selam.

Itu sebagai tandingan atas latihan perang gabungan Amerika Serikat (AS)-Filipina yang baru saja berakhir. Manuver gabungan tersebut dimulai pada 22 April lalu.

Kapal zunyikapal perusak Tipe 055 (salah satu kapal perang paling kuat di dunia)mengambil bagian dalam latihan perang baru-baru ini. Demikian pengumuman Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, sehari setelah berakhirnya latihan perang gabungan tahunan AS-Filipina, sebagaimana dilaporkan South China Morning Post , Senin (13/5/2024).

Komando tersebut telah mengunggah video latihan perang China secara online pada hari Sabtu, yang menunjukkan rincian manuver tersebut.

Selain kapal perusak Zunyi, kapal perang lainnya yang dikerahkan China dalam latihan perang di Laut China Selatan adalah Haikou, Kunming dan Xianning.

"Dikerahkan dalam formasi taktis serangan laut," kata komando tersebut, menambahkan bahwa kapal-kapal tersebut siap untuk menyerang target yang datang dari udara, permukaan air dan di bawahnya.

Pelatihan ini berfokus pada elemen-elemen seperti peperangan laut, pertahanan udara dan peperangan anti-rudal, serta peperangan anti-kapal selam, imbuh komando tersebut, tanpa menyebutkan secara spesifik di mana atau kapan latihan tersebut berlangsung.

Latihan Angkatan Laut PLA juga mencakup simulasi serangan malam terhadap sasaran di pantai dan latihan yang melibatkan pelampung.

Pelampung navigasi telah menjadi titik utama perselisihan antara China dan Filipina di perairan yang diperebutkan di Laut China Selatan.

Manila memasang beberapa rudal pada tahun lalu di zona ekonomi eksklusif sepanjang 200 mil laut (370 km) untuk menegaskan klaim maritimnya.

China, yang mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan berdasarkan apa yang mereka sebut sebagai sembilan garis putus-putus yang bersejarah, merespons dengan memberikan dukungan mereka sendiri.

Song Zhongping, mantan instruktur PLA, mengatakan latihan Angkatan Laut adalah latihan rutin di Laut China Selatan.

[Tetapi PLA] pasti akan memilih waktu yang tepat untuk latihan ini, seperti ketika Amerika Serikat, Filipina, dan Australia semakin provokatif, kata Song.

Meskipun negara-negara telah berulang kali mengeklaim bahwa latihan ini tidak ditujukan pada pihak ketiga, bagaimana mungkin mereka tidak menargetkan pihak ketiga? [Kita] harus menargetkan siapa pun yang memprovokasi kepentingan utama negara [kita]," paparnya.

Lebih dari 11.000 tentara Amerika dan 5.000 tentara Filipina ambil bagian dalam latihan Balikatan, bersama dengan 150 tentara Australia dan 100 tentara Prancis.

Beberapa bagian dari latihan tersebut, yang berakhir pada hari Jumat, untuk pertama kalinya dilakukan di luar batas 12 mil laut wilayah perairan Filipina.

Peristiwa tersebut mencakup latihan penembakan langsung dari pantai Filipina hingga Laut China Selatan, dan penenggelaman kapal tanker buatan China selama latihan menenggelamkan kapal musuh.

Manila mengatakan pemilihan kapal tersebut tidak disengaja.

Dikatakan juga bahwa latihan tersebut tidak ditujukan ke negara mana pun, namun Manila telah berulang kali menuduh Coast Guard China melakukan manuver berbahaya di wilayah sengketa Laut China Selatan.

Media online Filipina melaporkan bahwa sekelompok kapal perang China lainnya melintasi Jalur Sibutu, saluran sempit yang memisahkan Kepulauan Sulu di Filipina dan pulau Kalimantan, pada tanggal 2 Meiketika manuver Balikatan sedang berlangsung.

Beberapa hari setelah latihan Balikatan, Kementerian Pertahanan China menyatakan tidak akan membiarkan siapa pun mengganggu Laut China Selatan. "Dan akan memantau dengan cermat latihan tersebut dan mengambil langkah-langkah yang kuat dan efektif untuk merespons dengan tegas," kata kementerian tersebut.

Topik Menarik