Pemicu Kerusuhan di Kaledonia Baru, dari Status Kemerdekaan hingga Perebutan Nikel

Pemicu Kerusuhan di Kaledonia Baru, dari Status Kemerdekaan hingga Perebutan Nikel

Global | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 20:20
share

Harga nikel global melonjak sejak kekerasan mematikan meletus di wilayah Pasifik Prancis di Kaledonia Baru pekan lalu.

Wilayah luar negeri, yang telah berada di bawah kekuasaan Perancis selama lebih dari 170 tahun, merupakan produsen global utama bahan-bahan penting yang diperlukan untuk membuat baterai kendaraan listrik, panel surya, baja, dan barang sehari-hari lainnya.

Dipicu Perubahan Konstitusi

Foto/AP

Kerusuhan meletus setelah anggota parlemen Prancis menyetujui perubahan Konstitusi Perancis yang memungkinkan penduduk yang telah tinggal di Kaledonia Baru selama 10 tahun untuk memilih dalam pemilihan provinsi.

Para penentang khawatir langkah tersebut akan menguntungkan politisi pro-Prancis di Kaledonia Baru, tempat masyarakat Pribumi Kanak yang pro-kemerdekaan telah lama berupaya untuk bebas dari Prancis.

Suku Kanak Ingin Merdeka

Foto/AP

Suku Kanak mengupayakan kemerdekaan bagi kepulauan berpenduduk 270.000 jiwa tersebut, sementara banyak keturunan Prancis dan masyarakat non-Pribumi lainnya yang menetap di pulau tersebut ingin tetap menjadi bagian dari Prancis.

Pada tanggal 15 Mei, Prancis mengumumkan keadaan darurat minimum selama 12 hari di pulau tersebut. Mereka mengerahkan 1.000 tentara untuk memperkuat pasukan keamanan yang kehilangan kendali di beberapa bagian ibu kota, Nouméa.

Baca Juga: Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

Harga Nikel Naik Tajam

Foto/AP

Kaledonia Baru memiliki antara 20-30 cadangan nikel dunia. Industri ini merupakan bagian besar dari perekonomian nusantara, menyumbang hingga 90 ekspor dan mempekerjakan sekitar seperempat angkatan kerja.

Uni Eropa telah menetapkan nikel sebagai bahan baku penting, yang berarti nikel penting secara ekonomi dan strategis bagi perekonomian Eropa namun dianggap memiliki risiko tinggi terkait dengan pasokannya.

“Beberapa diskusi seputar keinginan Prancis untuk mempertahankan kendalinya atas Kaledonia Baru dimotivasi oleh harapan mereka untuk mengamankan simpanan nikel dalam jumlah besar di sana, mungkin dengan tujuan untuk produksi kendaraan listrik di masa depan,” kata Nicholas Ferns, peneliti di Monash University di Australia.

Amerika Serikat dan negara-negara anggota UE telah berupaya mengamankan rantai pasokan bahan-bahan penting mereka untuk mengejar ketertinggalan dari China, yang mengendalikan atau berinvestasi dalam sebagian besar pasokan dunia.

Pada tahun 2021, pembuat kendaraan listrik Tesla berinvestasi di tambang nikel Goro ketika tambang tersebut dijual ke konsorsium lokal yang mayoritas dimiliki oleh pemangku kepentingan lokal.

Kekhawatiran terhadap gangguan pasokan dari Kaledonia Baru akibat kerusuhan dan sanksi terhadap logam termasuk nikel dari Rusia telah mendorong harga global di atas USD20.000 per ton untuk pertama kalinya sejak bulan September.

Harga nikel di London Metal Exchange naik menjadi USD21,275 per metrik ton pada hari Selasa dari USD18,510 pada tanggal 8 Mei, naik langsung setelah kerusuhan dimulai.

Lonjakan harga terjadi pada saat Badan Energi Internasional (IEA) yang berbasis di Paris mengatakan dalam sebuah laporan bahwa mungkin ada kekurangan pasokan bahan-bahan penting di masa depan – termasuk nikel – yang disebabkan oleh pertumbuhan permintaan kendaraan listrik yang “cepat”, penutupan tambang, dan melambatnya investasi.

“Tingginya harga nikel akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap konsumen,” kata Lawrence Loh, profesor strategi dan kebijakan di National University of Singapore Business School. “Kami memperkirakan adanya efek tetesan ke bawah (trickle-down effect) pada kenaikan harga banyak barang konsumen yang akan menyebabkan tekanan inflasi yang lebih luas.”

Tambang dan Kekerasan Sangat Berkaitan

Foto/AP

Meskipun lonjakan tajam harga komoditas mengganggu industri, industri nikel di Kaledonia Baru sudah berada dalam masalah bahkan sebelum krisis politik karena penurunan harga nikel global sebesar 45 pada tahun lalu.

Hal ini memukul perekonomian yang bergantung pada industri nikel. Industri pertambangan di Kaledonia Baru kesulitan bersaing dengan Indonesia, produsen nikel terbesar di dunia, karena pembatasan ekspor selama beberapa dekade dan tingginya biaya energi yang menjadikan nikel di Kaledonia lebih mahal dan kurang menguntungkan untuk diproduksi.

“Industri nikel pasti terkait dengan perdebatan kemerdekaan di Kaledonia Baru,” kata Ferns. “Penurunan harga nikel dalam beberapa tahun terakhir telah memperburuk masalah ekonomi di Kaledonia Baru, yang kemudian dapat dikaitkan dengan beberapa faktor yang menyebabkan kerusuhan baru-baru ini.”

Topik Menarik