Negara Ini Sangat Melindungi Pekerja Seks Komersial, dari Pensiun hingga Cuti Hamil

Negara Ini Sangat Melindungi Pekerja Seks Komersial, dari Pensiun hingga Cuti Hamil

Global | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 19:19
share

Undang-undang ini adalah yang pertama di Eropa dan di dunia yang memberikan ketentuan jaminan sosial kepada pekerja seks seperti pensiun dan cuti hamil, serta kontrak kerja resmi.

Ketika Emily pertama kali mendengar tentang keputusan Belgia untuk membuat undang-undang perburuhan pertama di Eropa bagi pekerja seks di Eropa, dia sangat gembira bahwa kondisi kerjanya pada akhirnya akan membaik.

Dengan cara ini, kami akan mendapatkan lebih banyak pilihan tempat aman di mana kami dapat menawarkan layanan kami dengan cara yang ditentukan sendiri karena, pada saat ini, hal tersebut tidak benar-benar terjadi, Emily, yang tinggal di kota besar di Belgia, kata Euronews.

Sebagai pekerja seks mandiri selama tiga tahun, Emily (nama diubah untuk melindungi identitasnya) secara pribadi mengalami kurangnya dukungan bagi pekerja seks selama pandemi COVID-19, di mana banyak yang kehilangan pendapatan namun tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan pemerintah karena sektor mereka tidak memenuhi syarat. resmi ada.

Dia dan rekan-rekannya berharap hal ini akan berubah dengan diberlakukannya undang-undang ketenagakerjaan pertama di Eropa dan di dunia bagi pekerja seks di Belgia.

Ada Kontrak Kerja bagi PSK

Foto/AP

Undang-undang tersebut, yang disetujui dengan 93 suara mendukung, 33 abstain, dan 0 suara menolak awal bulan ini, memungkinkan para penyedia jasa untuk memberikan kontrak kerja kepada pekerja seks Belgia untuk pertama kalinya.

Perubahan ini memberikan pekerja seks akses terhadap ketentuan jaminan sosial seperti pensiun, asuransi kesehatan, dan liburan tahunan. Hal ini juga memberikan perlindungan bagi pekerja seks dari risiko terkait pekerjaan, termasuk penerapan standar mengenai siapa yang dapat menjadi pemberi kerja.

Tidak Ada Eksploitasi PSK

Foto/AP

Daan Bauwens dari Persatuan Pekerja Seks Belgia UTSOPI menjelaskan bahwa undang-undang baru ini membatasi siapa yang dapat memberikan kontrak kepada pekerja seks sehingga membatasi kemungkinan eksploitasi.

Orang-orang yang memiliki pengalaman sebelumnya seperti perdagangan manusia dan pencurian tidak akan bisa menjadi pemberi kerja, kata Bauwens kepada Euronews, "Ini adalah hal yang sangat penting karena hingga saat ini, hal tersebut masih mungkin terjadi."

Boleh Menolak Pelanggan

Foto/AP

Pekerja seks juga berhak atas hak-hak penting lainnya, termasuk kemampuan untuk menolak klien atau melakukan tindakan seksual, serta menghentikan tindakan seksual kapan saja.

Jika salah satu dari hak-hak ini diminta lebih dari 10 kali dalam satu tahun, baik pekerja maupun pemberi kerja dapat menghubungi mediator pemerintah untuk melakukan intervensi.

Belgia tetap menjadi negara yang asing dalam konteks Eropa dalam hal menjawab tuntutan serikat pekerja seks.

Dua tahun lalu, negara ini menjadi negara pertama di Eropa yang mendekriminalisasi pekerja seks di Eropa.

Negara-negara lain di Eropa telah melegalkan pekerja seks sampai batas tertentu atau mengikuti apa yang disebut model Nordik, yang mengkriminalisasi pengadaan dan pembelian pekerja seks.

Model legalisasi yang berbeda di negara-negara seperti Jerman, Belanda, dan Austria berarti bahwa setiap negara memiliki serangkaian persyaratan berbeda yang harus dipenuhi agar dapat melakukan pekerjaan seks secara legal, kata Bauwens.

Di beberapa tempat, seorang pekerja seks masih bisa dikriminalisasi karena melakukan pekerjaannya jika mereka tidak dapat memenuhi prasyarat tertentu, sesuatu yang tidak akan terjadi dalam sistem dekriminalisasi penuh.

Selain itu, negara-negara seperti Jerman, yang mengikuti model legalisasi mereka sendiri, mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan perubahan terhadap aturan yang ada, seperti mengkriminalisasi klien pekerja seks berdasarkan model Nordik.

Namun, menurut Emily, perubahan seperti itu hanya membuat pekerjaan seks semakin berbahaya.

Jika Anda mengkriminalisasi klien, klien yang baik, yang ingin menghormati hukum, akan berhenti menemui pekerja seks, jelasnya.

Mereka yang tidak peduli dengan hukum akan terus menemui pekerja seks. Akibatnya, kami mendapatkan klien yang lebih buruk.

Jaminan Keamanan dan Kesejahteraan

Foto/AP

Eropa sudah lama tidak dapat menyepakati model terpadu untuk mengatur pekerja seks. September laluPada bulan Agustus, Parlemen Eropa mengadopsi laporan yang memecah-belah tentang cara mengatur pekerja seks yang menguraikan perlunya mengurangi permintaan pekerja seks dan menghukum kliennya.

Meskipun laporan tersebut tidak mempunyai dampak legislatif, banyak asosiasi pekerja seks dan LSM yang kritis terhadap rekomendasinya.

Dalam beberapa hal, ini bukan masalah pan-Eropa seperti yang dikatakan Komisi Eropa kepada kami ketika kami mengajukan permohonan pendanaan, hal ini tergantung pada negara-negara anggotanya, Direktur Eksekutif Aliansi Hak-Hak Pekerja Seks Eropa Sabrina Sanchez mengatakan kepada Euronews.

Emily sepakat bahwa pendekatan yang berbeda dan saling bersaing merupakan simbol politik nasional. Namun, yang penting adalah keselamatan dan kesejahteraan semua orang, dan dekriminalisasi penuh di seluruh Eropa adalah langkah pertama yang paling penting, diikuti dengan undang-undang ketenagakerjaan yang ketat, katanya.

Jika Anda melihat ilmu pengetahuan, maka Anda akan melihat bahwa penelitian menunjukkan bahwa dekriminalisasi jauh lebih efektif dalam melindungi pekerja seks dan sebenarnya, jika Anda mengkriminalisasi kliennya, maka Anda akan menjadi jauh lebih berbahaya jika terlibat dalam pekerjaan seks.

Saya berharap masyarakat internasional suatu saat akan menyadari hal ini dan mengikuti contoh Belgia, tutup Emily.

Topik Menarik