Ulama Syiah Anti-Iran Berpengaruh Moqtada al-Sadr Kembali Berpolitik, Pengaruh Teheran di Irak Akan Melemah?

Ulama Syiah Anti-Iran Berpengaruh Moqtada al-Sadr Kembali Berpolitik, Pengaruh Teheran di Irak Akan Melemah?

Global | sindonews | Minggu, 12 Mei 2024 - 18:42
share

Ulama Muslim Syiah Irak yang berpengaruh, Moqtada al-Sadr, sedang meletakkan dasar bagi kebangkitan politiknya dua tahun setelah langkah berisiko tinggi yang gagal dan akhirnya mematikan untuk membentuk pemerintahan tanpa kelompok Syiahnya.

Kepulangannya, yang kemungkinan direncanakan pada pemilihan parlemen tahun 2025, dapat mengancam pengaruh saingannya termasuk partai-partai Syiah Irak dan faksi-faksi bersenjata yang dekat dengan Iran, dan melemahkan stabilitas Irak saat ini, kata para pengamat.

Namun, sebagian besar penduduk Irak yang mayoritas Syiah cenderung menyambut kebangkitan Sadr, terutama sebagian besar pengikutnya yang saleh dan miskin yang memandangnya sebagai pembela kelompok tertindas.

Reuters berbicara kepada lebih dari 20 orang mengenai kisah ini, termasuk politisi Syiah dalam gerakan Sadr dan faksi-faksi yang bersaing, ulama dan politisi di kota suci Syiah Najaf, serta pejabat pemerintah dan analis. Sebagian besar berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas masalah-masalah sensitif.

Memiliki Rencana yang Kuat

Foto/Reuters

“Kali ini, gerakan Sadrist mempunyai rencana yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya untuk memenangkan lebih banyak kursi guna membentuk pemerintahan mayoritas,” kata seorang mantan anggota parlemen Sadrist, meskipun keputusan akhir untuk mencalonkan diri belum dibuat secara resmi.

Sadr memenangkan pemilihan parlemen tahun 2021 tetapi memerintahkan anggota parlemennya untuk mengundurkan diri, kemudian mengumumkan “penarikan terakhirnya” dari politik pada tahun berikutnya setelah partai-partai Syiah yang bersaing menggagalkan upayanya untuk membentuk pemerintahan mayoritas yang hanya terdiri dari partai-partai Kurdi dan Muslim Sunni.

Hal ini terjadi meskipun ada tekanan dan kekhawatiran besar dari AS yang diungkapkan oleh penduduk dan kelompok kemanusiaan.

Menentang Pengaruh Iran dan AS di Irak

Foto/Reuters

Sebagai tokoh dominan di Irak sejak invasi pimpinan AS tahun 2003, Sadr yang mengaku nasionalis telah menentang pengaruh Iran dan Amerika Serikat di Irak.

Iran memandang partisipasi Sadr dalam politik sebagai hal yang penting untuk mempertahankan sistem politik Irak yang didominasi Syiah dalam jangka panjang, meskipun Teheran menolak aspirasinya untuk diakui sebagai kekuatan paling dominan di Irak.

Amerika Serikat, yang memerangi pasukan Sadr setelah ia mendeklarasikan perang suci melawan mereka pada tahun 2004, memandangnya sebagai ancaman terhadap stabilitas Irak yang rapuh, namun juga memandangnya sebagai lawan yang diperlukan untuk melawan pengaruh Iran.

Banyak warga Irak yang mengatakan bahwa mereka akan kalah, tidak peduli siapa yang berkuasa, sementara para elit menyedot kekayaan minyak negara tersebut.

Sadr Sudah Melakukan Gerakan

Foto/Reuters

Sejak bulan Maret, Sadr kembali menjadi pusat perhatian.

Pertama, ia mengadakan pertemuan yang jarang terjadi dengan Ayatollah Agung Ali al-Sistani, seorang ulama terkemuka yang dihormati oleh jutaan umat Syiah yang memainkan peran penting dalam mengakhiri bentrokan antar-Syiah yang mematikan pada tahun 2022 sebelum mundurnya Sadr dari politik.

Kaum Sadr menafsirkan audiensi dengan Sistani pada tanggal 18 Maret, yang tidak terlibat dalam pertikaian politik Irak dan biasanya tidak bertemu dengan politisi, sebagai dukungan diam-diam, menurut enam orang dalam gerakan Sadr.

Seorang ulama yang dekat dengan Sistani mengatakan Sadr berbicara tentang kemungkinan kembalinya kehidupan politik dan parlemen dan “meninggalkan pertemuan penting ini dengan hasil yang positif”. Kantor Sistani tidak menanggapi permintaan komentar.

Beberapa hari setelah pertemuan tersebut, Sadr menginstruksikan anggota parlemennya yang mengundurkan diri pada tahun 2021 untuk berkumpul dan terlibat kembali dengan basis politik gerakan tersebut.

Dia kemudian mengganti nama organisasinya menjadi Gerakan Nasional Syiah, sebuah serangan terhadap faksi-faksi Syiah yang dianggapnya tidak patriotik dan terikat pada Iran serta upaya untuk lebih memobilisasi basisnya menurut garis sektarian, kata seseorang yang dekat dengan Sadr.

Baca Juga: Perusahaan China Garap 5 Ladang Minyak dan Gas di Irak

Irak Makin Tidak Stabil

Sementara beberapa analis khawatir akan terganggunya kembalinya Sadr ke politik garis depan, yang lain mengatakan bahwa ia mungkin akan kembali merasa rendah hati dengan kekalahan pasukannya selama perselisihan antar-Syiah serta keberhasilan relatif dari pemerintahan Baghdad saat ini, termasuk pemerintahannya, keseimbangan hubungan antara Iran dan AS.

“Tentu saja, selalu ada risiko ketidakstabilan yang lebih besar ketika Anda memiliki lebih banyak kelompok yang menyeimbangkan kekuatan, terutama ketika mereka bersenjata. Namun kelompok Sadrist harus kembali dengan sikap yang tidak terlalu bermusuhan,” kata Hamzeh Haddad, seorang analis Irak dan peneliti tamu di Dewan Eropa. Hubungan Luar Negeri.

“Partai-partai politik tahu bahwa yang terbaik adalah berbagi kekuasaan daripada kehilangan kekuasaan secara bersama-sama,” katanya.

Seorang politisi senior Sadr mengatakan bahwa gerakan tersebut mungkin berusaha untuk bersekutu dengan beberapa faksi Syiah yang berkuasa, seperti Perdana Menteri Mohammed Shia al-Sudani yang populer, sambil mengisolasi faksi lain termasuk saingan beratnya Qais Al-Khazaali, pemimpin partai berkuasa yang didukung Iran. kelompok politik dan militer Asaib Ahl al-Haq.

Penasihat Sudani mengatakan dia tetap membuka pilihannya.

“Ada kelompok-kelompok yang sudah lama menjalin hubungan dengan kami dan dapat bersekutu sebelum atau sesudah pemilu. Yang tidak kami terima adalah melakukan kesepakatan dengan milisi yang korup,” kata Sadrist senior.

Di Kota Sadr, basis Sadr yang luas dan telah lama miskin di sisi timur Bagdad, banyak pendukungnya menunggu kepulangannya dengan harapan hal ini dapat menghasilkan lapangan kerja dan jasa.

“Kota ini mendukung Sadr dan saya rasa dia tidak akan melupakan kami setelah semua pengorbanan yang kami lakukan untuknya,” kata Taleb Muhawi, ayah tiga anak berusia 37 tahun yang sedang menunggu kabar tentang pekerjaannya di pemerintahan.

“Dia perlu mengubah keadaan ketika dia kembali.”

Topik Menarik