Siapa Lara Trump? Menantu Donald Trump yang Mengendalikan Partai Republik untuk Kesuksesan Pemilu 2024

Siapa Lara Trump? Menantu Donald Trump yang Mengendalikan Partai Republik untuk Kesuksesan Pemilu 2024

Global | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 18:18
share

Arah Komite Nasional Partai Republik (RNC) terlihat jelas dari nama belakang orang kedua yang baru menjabat: Trump.

“Tujuan nomor satu saya adalah memastikan Donald Trump menjadi presiden ke-47,” kata Lara Trump, salah satu ketua RNC, dalam wawancara dengan Associated Press.

Ini merupakan satu langkah lagi dalam memperkuat kekuasaan Trump atas Partai Republik. Menantu perempuan mantan presiden tersebut tidak membuang-buang waktu untuk mengubah citra komite yang biasanya tenang itu sesuai dengan citra Trump, dengan menggunakan versinya sendiri tentang politik pugilistik Trump dan gaya manajemennya yang kurang ajar dengan cara yang menegaskan pengaruh Trump terhadap kelompok mapan Partai Republik.

Melakukan Pendekatan yang Radikal

Foto/AP

RNC telah memecat lusinan staf lamanya dan mencari aliansi dengan para penyangkal pemilu, para penganut teori konspirasi, dan pendukung sayap kanan yang sebelumnya tidak pernah dijauhi oleh partai tersebut. Lara Trump, yang menikah dengan anak ketiga Trump, Eric, adalah pembela mantan presiden tersebut dan tidak ragu-ragu untuk menyerang musuh-musuhnya, menjanjikan pembalasan politik “bumi hangus” selama empat tahun jika ia memenangkan pemilu.

Dia telah memimpin peningkatan tajam dalam penggalangan dana, sebuah kebutuhan yang sangat mendesak bagi Trump karena operasi penggalangan dana politiknya telah menghabiskan puluhan juta dolar untuk biaya hukum untuk membela Trump dalam kasus pidana dan perdata.

Pendukung Trump mengatakan Lara Trump memberikan semangat baru ke dalam partainya, dan mengatakan bahwa karisma dan etos kerjanya yang teguh menjadikannya pilihan ideal untuk menjadi pemimpin partai tersebut.

Namun pelantikannya telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan Partai Republik yang mengatakan RNC dijalankan dengan cara yang dapat merugikan mandatnya untuk membantu semua kandidat dalam pemilu. Dengan memprioritaskan kampanye presiden, kata mereka, RNC mungkin tidak dapat mendedikasikan sumber daya yang diperlukan untuk membantu pencari jabatan lainnya.

“Hal ini menunjukkan ekspektasi akan kesetiaan yang utuh, tidak malu-malu, dan mungkin buta terhadap kandidat,” kata Marc Racicot, mantan ketua RNC yang menjabat sebagai gubernur Montana selama delapan tahun.

Mendorong Hal Unik dalam Memenangkan Pemilu

Foto/AP

Mengakui bahwa ia sedang menghadapi “kurva pembelajaran yang sangat besar,” Lara Trump mengatakan kepada AP bahwa ia memiliki latar belakang untuk berhasil, setelah bekerja pada kedua kampanye kepresidenan Trump sebelumnya.

“Anda akan sulit sekali menemukan seseorang yang memiliki pengalaman politik sebanyak yang saya miliki dalam kampanye mana pun saat ini, dan hal itu merupakan hal yang unik untuk dapat dikatakan,” katanya.

Dia juga sadar bahwa, sebagai seorang Trump, dia menjadi target politik yang sangat menggoda.

“Tentu saja,” katanya, “Saya menjadi sasaran banyak orang mengingat posisi ini.”

Mendorong Perubahan di RNC

Lara Trump menjadi ketua bersama pada bulan Maret, yang merupakan puncak dari upaya Trump dan sekutunya untuk mengguncang RNC, badan pimpinan partai tersebut.

Trump dan anggota gerakan “Make America Great Again” lainnya semakin kecewa dengan kepemimpinan RNC, dan menyalahkan organisasi tersebut atas kinerja partai yang lesu pada tahun 2018, 2020, dan 2022. Mereka juga mengkhawatirkan posisi keuangan RNC.

Mereka berhasil mengganti ketuanya selama delapan tahun, Ronna McDaniel, dengan Michael Whatley, seorang pendukung setia Trump dan pemimpin Partai Republik Carolina Utara. Lara Trump, sesama warga Carolina Utara, ditunjuk untuk menjadi orang nomor 2 di Whatley. Ketuanya menjalankan operasi partai sehari-hari. Sementara itu, ketua bersama umumnya berfokus pada penggalangan dana dan peningkatan semangat kerja.

Saat mereka mengambil alih kendali, Lara Trump dan Whatley berjanji untuk melakukan perubahan besar. Dan mereka berhasil: Mereka menggabungkan Partai Republik dan kampanye Trump menjadi satu operasi.

Brian Hughes, juru bicara kampanye Trump, mengatakan kepada AP bahwa strategi ini penting untuk memastikan kemenangan Partai Republik pada bulan November.

“Dengan menggabungkan kedua organisasi ini, kita semua bergerak ke arah yang sama untuk terpilihnya Presiden Trump, serta untuk meningkatkan mayoritas di DPR dan Senat,” katanya.

Lara Trump mengatakan staf partai dan kampanye “semuanya adalah bagian dari pengorganisasian permainan lapangan, bekerja sehari-hari.”

Tampaknya dia telah membantu membalikkan operasi penggalangan dana yang dilakukan komite. Partai Republik mengatakan dia adalah pembicara yang dicari dalam rangkaian penggalangan dana dan telah membantu menggairahkan para donor.

Baca Juga: 7 Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan Misterius

Menjadi Aset Terpenting

Foto/AP

Whatley, ketua RNC, mengatakan kepada AP bahwa Lara Trump adalah salah satu “aset terpenting” partainya.

“Teman saya Lara memiliki kemampuan untuk menggalang dana, menginspirasi masyarakat akar rumput, dan menyampaikan pesan dengan sangat efektif,” katanya.

Mengumpulkan Banyak Dana untuk Pemilu

Foto/AP

RNC menghasilkan USD76 juta pada bulan April dan USD65,6 juta pada bulan Maret – naik dari hanya USD10,6 juta pada bulan Februari. Peningkatan ini juga mencerminkan perubahan batas donasi setelah Trump, pada bulan Maret, menjadi calon dari partai tersebut. Komite Nasional Demokrat mengumpulkan dana yang jauh lebih sedikit pada bulan April, yaitu USD51 juta, turun dari USD72 juta pada bulan Maret.

Kemampuan RNC untuk menyalurkan dana ke dalam pemilu terbukti penting bagi peluang Trump karena ia membutuhkan uang. Mantan presiden tersebut menghadapi lusinan tuntutan pidana federal dan negara bagian atas dugaan upayanya untuk membatalkan pemilu 2020 dan penyimpanan dokumen rahasia. Dia saat ini diadili di New York, dengan tuduhan melakukan pembayaran uang tutup mulut untuk mengubur tuduhan perselingkuhan. Komite aksi politiknya, Save America, kampanye presiden dan organisasi penggalangan dana lainnya telah menghabiskan setidaknya USD76,7 juta untuk biaya hukum selama dua tahun terakhir.

Tombol donasi di halaman web RNC dialihkan ke situs kampanye Trump, di mana 90 dari setiap donasi disalurkan untuk upaya pemilihannya kembali dan 10 sisanya disalurkan ke urusan komite lainnya.

RNC adalah “lembaga penggalangan dana yang sangat besar,” kata Seth Masket, seorang profesor ilmu politik di Universitas Denver. “Dia berusaha mendapatkan donor untuk membantu menutupi biaya hukumnya, membayar pengacaranya, membayar sebagian denda yang harus dia bayar.”

Tim kampanye Trump mengatakan uang yang disumbangkan ke RNC tidak akan digunakan untuk pembelaan hukum Trump.

Orang dalam partai dan mantan staf RNC, termasuk mereka yang tersingkir dalam beberapa bulan terakhir, mengatakan komite tersebut tertinggal dalam membangun operasi daerah demi daerah yang membantu menghasilkan suara. Mantan stafnya mengatakan mereka khawatir RNC terlalu fokus pada pencalonan Trump, sehingga menempatkan kandidat yang mendapat suara di posisi yang sulit.

Lara Trump menepis kritik tersebut, dengan mengatakan bahwa restrukturisasi akan memastikan RNC mendukung kandidat di pemilu tingkat negara bagian dan lokal.

“Sangat konyol bagi saya untuk berasumsi bahwa hanya dengan menjadi presiden saja kita bisa mencapai tujuan Partai Republik,” katanya. “Jelas, hal ini membutuhkan mayoritas di Kongres, dan itulah tujuan kami.”

Untuk membantu meningkatkan jumlah pemilih, dia merangkul kelompok konservatif yang menganut paham pinggiran.

Berkolaborasi dengan Banyak Pihak

Dia memuji Scott Presler, seorang penyangkal pemilu yang mengetuai kelompok Gays For Trump dan yang menggambarkan pemberontakan pada 6 Januari 2021 di Capitol sebagai “protes hak-hak sipil terbesar dalam sejarah Amerika.” Lara Trump menyebutnya sebagai “pahlawan akar rumput,” dan mengatakan pada bulan Maret bahwa dia berharap untuk mempekerjakannya untuk membantu menjalankan inisiatif “pengambilan suara legal” RNC, namun kemudian mengatakan bahwa RNC akan bermitra dengan kelompoknya, Early Vote Action.

Organisasi lain yang dia ingin ajak berkolaborasi dipimpin oleh Charlie Kirk, seorang aktivis mahasiswa sayap kanan yang memimpin Turning Point USA. Kirk mempertanyakan apakah pilot kulit hitam memenuhi syarat untuk terbang dan mencemooh pesenam Simone Biles setelah dia mengundurkan diri dari Olimpiade 2020. Kelompoknya telah mengumpulkan sekitar seperempat miliar dolar sejak tahun 2016 – memperkaya Kirk – tetapi secara umum berjuang untuk membantu Partai Republik memenangkan pemilu.

“Tidak ada kandidat politik sebelumnya yang menginspirasi pendukung akar rumput untuk memulai kelompok dan inisiatif mereka sendiri seperti Donald J. Trump dan itulah sebabnya kita melihat ekspansi besar di Partai Republik,” kata Lara Trump, seraya menambahkan RNC akan bekerja dengan kelompok yang dipimpin oleh Presler. Kirk dan yang lainnya “dengan cara apa pun yang kami bisa secara hukum.”

Topik Menarik