Fakta-Fakta Tersangka Serangan Teroris Moskow, Ditangkap Dekat Ukraina Hingga Dijanjikan Bayaran Rp85 Juta

Fakta-Fakta Tersangka Serangan Teroris Moskow, Ditangkap Dekat Ukraina Hingga Dijanjikan Bayaran Rp85 Juta

Global | okezone | Minggu, 24 Maret 2024 - 20:19
share

MOSKOW - Penegak hukum dan dinas keamanan Rusia telah menahan total 11 tersangka menyusul serangan teroris pada Jumat, (22/3/2024) di Balai Kota Crocus di wilayah Moskow. Penembakan itu merenggut nyawa setidaknya 133 orang dan menyebabkan lebih dari 150 lainnya luka-luka, menurut dinas keamanan domestik Rusia, FSB.

Rincian tentang identitas tersangka dan keadaan serangan masih belum diketahui. Menurut FSB, serangan itu direncanakan dan dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan korban jiwa.

Investigasi atas insiden tersebut sedang dilakukan, berikut beberapa hal yang telah diketahui sejauh ini, sebagaimana dilansir RT :

Ditangkap dekat perbatasan Ukraina

Empat tersangka utama ditahan pada Sabtu, (24/3/2024) dini hari di Wilayah Bryansk Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, kata pernyataan FSB. Para tersangka pelaku bepergian dengan mobil Renault Symbol/Clio berwarna putih yang mereka gunakan untuk melarikan diri dari tempat kejadian, menurut outlet media berita 78.ru .

Setelah pengejaran singkat oleh petugas penegak hukum Rusia, para tersangka meninggalkan mobilnya. Salah satu dari mereka ditahan di tempat kejadian sementara tiga lainnya berusaha bersembunyi di hutan, sehingga memicu perburuan besar-besaran, lapor media.

Belakangan, beberapa video yang menunjukkan penahanan dan interogasi terhadap tersangka pelaku muncul secara online. Dua dari video tersebut diterbitkan oleh pemimpin redaksi RT Margarita Simonyan, dan satu lagi dirilis oleh jurnalis Aleksandr Kots. Setidaknya satu tersangka terluka saat terjadi perkelahian dengan petugas penegak hukum dan dirawat di rumah sakit, saluran Telegram Mash melaporkan.

Topik Menarik