Paus Fransiskus Bantah Rumor Pensiun di Buku Autobiografi Terbarunya

Paus Fransiskus Bantah Rumor Pensiun di Buku Autobiografi Terbarunya

Global | okezone | Rabu, 20 Maret 2024 - 08:27
share

VATIKAN Paus Fransiskus menegaskan dirinya tidak berniat pensiun dan berencana untuk tetap menjabat seumur hidup. Hal ini terungkap dalam buku autobiografi terbarunya.

Dalam buku Life: My Story Through History, Paus Fransiskus, yang berusia 87 tahun, mengatakan tidak ada niatan dirinya mengundurkan diri meskipun ada spekulasi bahwa dia mungkin akan mundur karena serangkaian masalah kesehatan.

Saya yakin pelayanan Paus bersifat ad vitam, seumur hidup, kata Paus Fransiskus, dikutip BBC.

"Oleh karena itu, saya tidak melihat alasan untuk menyerah, lanjutnya.

Awal tahun ini, Paus Fransiskus membatalkan pertemuan dan audiensi karena kesehatannya yang buruk. Dia sering terserang influenza, sulit berjalan, dan semakin sering terlihat menggunakan kursi roda.

Masalah-masalah ini, serta usia Paus, telah menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Gereja Katolik.

Meskipun menyangkal bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk pensiun, dalam memoarnya Paus Fransiskus mengatakan bahwa jika ia terpaksa mengundurkan diri karena halangan fisik yang serius, ia akan pindah ke Basilika Santa Maria Maggiore untuk melayani sebagai bapa pengakuan dan memberikan Komuni kepada orang sakit.

Namun, menurut sumber yang mengetahui pemikiran Paus Fransiskus, Paus bertekad untuk menghindari skenario di mana dua Paus masih hidup secara bersamaan. Hal ini terjadi ketika pendahulunya Benediktus XVI mengambil keputusan yang sangat tidak biasa dengan mengundurkan diri pada 2013.

Menjadikan Paus Fransiskus sebagai Paus ketika Benediktus XVI masih hidup menyebabkan banyak perselisihan di dalam Gereja, terutama antara kaum konservatif dan para pendeta yang lebih berpikiran liberal.

Topik Menarik