Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

Global | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:21
share

Hamilton Hall, gedung akademik di Universitas Columbia yang diduduki mahasiswa yang melakukan protes terhadap perangIsrael di Gaza pada awal tanggal 30 April, memiliki sejarah panjang protes mahasiswa.

Selama setengah abad terakhir, para pelajar telah membuat barikade di sana sebagai bentuk protes terhadap momen-momen penting dalam sejarah, termasuk Perang Vietnam dan meningkatnya momentum global melawan apartheid di Afrika Selatan.

Para pengunjuk rasa menjuluki gedung itu “Mandela Hall” untuk menghormati pemimpin pembebasan Afrika Selatan selama blokade mahasiswa tahun 1985. Menggemakan protes tahun 1985, para mahasiswa yang mengambil alih gedung tersebut pada hari Selasa menamainya “Aula Hind” untuk menghormati Hind Rajab yang berusia enam tahun, yang dibunuh bersama keluarganya oleh pasukan Israel di Gaza.

Pada Rabu pagi, petugas polisi memasuki kampus, menahan puluhan orang dalam eskalasi terbaru antara protes pro-Palestina yang dipimpin mahasiswa dan otoritas penegak hukum.

Tindakan keras tersebut, seperti pengambilalihan Hamilton Hall oleh mahasiswa, sejalan dengan sejarah gedung tersebut sebagai tempat protes ikonik di Columbia.

Apa Itu Hamilton Hall di Universitas Columbia yang Jadi Pusat Aksi Mendukung Palestina?

1. Melambangkan Sistem Keuangan AS

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, aula ini diresmikan pada tahun 1907 sebagai gedung andalan dan masih menjadi kantor dekan.

“Ini adalah hari yang luar biasa bagi kampus,” kata Dekan John Howard Van Amringe saat itu. “Almamater kami mempunyai rumahnya sendiri - sebuah bangunan yang lebih megah dan indah, sebagaimana mestinya, lebih anggun dan penting dibandingkan bangunan lain mana pun di lingkungan universitas.”

Patung luar ruangan Alexander Hamilton, yang menjadi menteri keuangan pertama Amerika Serikat pada tahun 1789 dan pendiri sistem perbankan AS, berdiri dengan bangga di pintu masuk. Hamilton umumnya digambarkan sebagai seorang abolisionis. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas anti-perbudakannya mungkin telah dibesar-besarkan.

Di samping empat kantor departemen — Bahasa Jerman, Bahasa Slavia, Bahasa Klasik, dan Bahasa Italia — di sini terdapat Pusat Ras dan Etnis.

Renovasi yang dimulai pada tahun 2000 menghasilkan Pusat Kurikulum Inti baru, yang menampung departemen Humaniora Sastra, Peradaban Kontemporer, Humaniora Musik, Humaniora Seni, dan Kebudayaan Utama.

BacaJuga: Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

2. 1968 Dijadikan Lokasi Protes Vietnam

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pada bulan April 1968, Hamilton Hall adalah bangunan pertama dari lima gedung yang diambil alih oleh mahasiswa yang memprotes Perang Vietnam.

Para pengunjuk rasa membarikade diri mereka sendiri dan mencegah penjabat dekan Henry Coleman meninggalkan kantornya selama satu malam.

Pada tanggal 30 April, seminggu setelah protes dimulai, petugas polisi menindak para pengunjuk rasa, memasuki gedung melalui terowongan bawah tanah dan dengan paksa membersihkan para mahasiswa.

Lebih dari 700 orang ditangkap, salah satu penahanan massal terbesar dalam sejarah Kota New York. Setidaknya 148 orang terluka karena beberapa dipukul dengan tongkat tidur dan diseret keluar, menurut surat kabar mahasiswa.

Protes tersebut mengakibatkan universitas memutuskan hubungan dengan lembaga Pentagon yang melakukan penelitian untuk Perang Vietnam dan mengarah pada reformasi yang mendukung aktivisme mahasiswa.

3. 1972 Jadi Pusat Protes Anti-perang

Foto/AP

Protes kembali terjadi di kampus pada musim semi tahun 1972, ketika pemerintahan Richard Nixon memperluas kampanye pengeboman militer AS di Vietnam.

Para pengunjuk rasa menyerbu rapat tertutup Senat Universitas Columbia, memaksa penangguhan rapat tersebut, setelah manajemen memanggil polisi untuk mengambil tindakan terhadap unjuk rasa damai.

Blokade beberapa kampus berakhir setelah polisi antihuru-hara menyerbu kompleks kampus untuk mengusir para demonstran.

4. 1985 Jadi Protes Anti-apartheid

Foto/AP

Pertemuan tujuh mahasiswa yang dimulai pada tanggal 4 April di sekitar pintu masuk Hamilton Hall berubah menjadi gerakan massa yang berlangsung selama 21 hari.

Pada saat itu, sekitar sepertiga dana abadi universitas diinvestasikan pada perusahaan-perusahaan di Afrika Selatan.

“Amerika tidak selalu benar, tapi kita punya hak untuk memprotes kelompok kanan,” kata aktivis hak-hak sipil Jesse Jackson kepada sekitar 5.000 pelajar di tangga Hamilton. “Ketika negara demokrasi menjadi mitra dagang nomor satu Afrika Selatan, kami salah, ini salah.”

Pada tanggal 7 Oktober, sekitar lima bulan setelah protes, Columbia menjadi universitas besar AS pertama yang melakukan divestasi penuh dari Afrika Selatan. Banyak orang lain yang akan mengikuti.

5. 1992 Dikenal dengan Blokade Satu Hari

Foto/AP

Pada tahun 1992, para mahasiswa memblokade Hamilton Hall untuk menghentikan rencana Columbia untuk menghancurkan Teater dan Ballroom Audubon, tempat Malcolm X dibunuh pada tahun 1965, dan menggantinya dengan kompleks penelitian biomedis modern.

Malcolm X, salah satu tokoh kulit hitam terpenting selama gerakan hak-hak sipil, dibunuh pada tanggal 21 Februari 1965, saat menyampaikan pidato di Audubon Ballroom, yang kemudian menjadi landmark utama bagi kaum Hispanik dan Afrika-Amerika di New York. Setelah penembakan Malcolm X, tempat tersebut terpaksa ditutup dan undang-undang tersebut diabaikan selama beberapa tahun.

Columbia, pemilik tanah swasta terbesar di New York City, membeli Audobon Ballroom pada tahun 1980-an. Pada tahun 1989, universitas tersebut mencapai kesepakatan dengan pemerintah kota untuk menghancurkan fasilitas Audobon dan membangun pusat penelitian bioteknologi di sana.

Di tengah seruan agar ballroom tersebut dilestarikan, Columbia akhirnya menyetujui kompromi – hanya sebagian dari tempat bersejarah tersebut yang akan dihancurkan. Namun, pengunjuk rasa mahasiswa menentang pembongkaran gedung tersebut.

Blokade berlangsung enam jam: tiga siswa diskors, dan 45 lainnya menghadapi tindakan disipliner.

Topik Menarik